//Final Liga Champions 2021 Mempertemukan Dua Perwakilan Tim Inggris
Final Liga Champions 2021 Mempertemukan Dua Perwakilan Tim Inggris

Final Liga Champions 2021 Mempertemukan Dua Perwakilan Tim Inggris

Final Liga Champions

Sumber foto: https://www.instagram.com/championsleague/

Gelaran pertandingan Liga Champions telah sampai pada penghujung kompetisi, pada pekan ini laga dilanjutkan Semi Final Leg kedua. Laga tim yang tersisa yakni, Paris Saint Germain (PSG) vs Manchester City dan Real Madrid vs Chelsea. Sebelumnya Manchester City berhasil mencuri kemenangan leg pertama atas PSG di kandangnya (Parc des Princes, Paris) dengan skor 2-1 yang mampu comeback pada babak kedua (Kamis, 29/4/2021). Sedangkan Real Madrid gagal memperoleh kemenangan saat menghadapi Chelsea di markasnya (Santiago Bernabeu, Madrid) pada leg pertama dengan hasil imbang 1-1 (Rabu, 28/4/2021).

Lanjutan leg kedua Manchester City bermain di markasnya (Etihad Stadium, Manchester) tampil dominan tidak memberi ampun kepada PSG, sepanjang jalannya pertandingan Manchester City berhasil menguasai permainan, alhasil City memperoleh kemenangan atas PSG dengan skor 2-0 sekaligus berhak lolos ke putaran final (Rabu, 5/5/2021). Begitu pula dengan Chelsea bermain di kandangnya sendiri (Stamford Bridge Stadium, Chelsea) yang mendapatkan hasil positif atas kemenangannya terhadap Real Madrid dengan skor 2-0 juga. Dengan hasil ini Chelsea berhasil lolos ke final untuk menghadapi Manchester City (Kamis, 6/5/2021).

Pertandingan final Liga Champions dijadwalkan pada 29 Mei 2021 di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Turki. Ini menjadi All English Final ketiga dalam sejarah Liga Champions yang sebelumnya, sudah dua kali wakil Negeri Ratu Elizabeth bersua di partai puncak kompetisi antarklub Eropa dimana pada 2007/2008 Manchester vs Chelsea dan 2018/2019 Liverpool vs Tottenham Hotspur. Dengan hasil tersebut, trofi Si Kuping Besar dipastikan kembali ke tanah Inggris setelah Liverpool memenanginya pada 2018-2019.

Manchester City vs Chelsea
https://www.instagram.com/skysports/
Performa Kedua Tim

Manchester City dan Chelsea secara impresif mampu menunjukkan performa terbaik mereka dalam sepanjang kompetisi Liga Champions musim ini. Manchester City mampu menunjukkan pesona yang memukau sepanjang musim dengan mencatatkan rekor tak terkalahkannya di Liga Champions sejauh ini. Memperoleh 11 kemenangan dari 12 laga yang telah dimainkan City membuktikan performa gemilang tim asuhan Pep Guardiola.

Kerhasilan Chelsea melaju ke babak final menjadi kejutan tersendiri mengingat performa mereka yang tidak konsisten pada akhir tahun lalu. Pemecatan Frank Lampard (mantan pelatih Chelsea) sempat diyakini bakal mengganggu performa Chelsea hingga sisa musim ini. Hanya saja sejak Thomas Tuchel (pelatih Chelsea saat ini) melatih, performa Chelsea terlihat sangat bagus. Ahli taktik asal Jerman itu tampaknya mampu menjadikan Chelsea tim yang sulit dikalahkan dan dibobol gawangnya.

Suksesnya Manchester City dan Chelsea melaju ke final Liga Champions yang tampaknya menandai pulihnya kekuatan tim Inggris di benua Eropa. Tim Inggris terkadang diremehkan karena performa buruk mereka ketika bertanding di kompetisi Eropa. Hanya dalam beberapa tahun terakhir, setelah terciptanya dua final All England dalam tiga tahun terakhir, terutama di Liga Champions, stigma ini perlahan bisa hilang. Bagi Manchester City, duel pamungkas di Turki akan bermakna bagi mereka karena akan menghasilkan sejarah baru. Jika mereka menang, ini akan menjadi gelar Liga Champions pertama Manchester City. Berbeda dengan Manchester City, Chelsea sudah merasakan manisnya menjuarai Liga Champions sebanyak 2 kali, yakni pada musim 2007/2008 dan 2011/2012.