//Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 2021: Masyarakat Pabean Sidoarjo Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat
Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 2021: Masyarakat Pabean Sidoarjo Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 2021: Masyarakat Pabean Sidoarjo Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

Hari Raya Idul Fitri 2021 telah ditetapkan oleh Kementrian Agama pada tanggal 13 Mei 2021. Namun, Hari Raya Idul Fitri pada dua tahun terakhir ini terlihat berbeda dengan tahun sebelumnya. Dikarenakan sejak dua tahun terakhir ini, virus covid-19 telah menghantui dan merubah kehidupan masyarakat. Akibatnya sebagian besar kegiatan yang harus dilakukan secara tatap muka kini sudah diminimalisir. Melalui penjagaan protokol kesehatan ketat diharapkan dapat memutus rantai penyebaran covid-19. Salah satunya adalah kegiatan sholat berjamaah pada sholat idul Fitri.

Hari Raya Idul Fitri 1442 H Saat Pandemi Covid

Masyarakat Pabean Sidoarjo terlihat sangat tertib mengikuti protokol kesehatan ketat di lingkungan masjid pelaksanaan sholat idul fitri (13/05/2021)

Pada Surat Edaran nomor 07 tahun 2021 tentang Panduan Pelaksanaan Salat Idul Fitri tahun 1442 H Saat Pandemi Covid. Sholat berjamaah Idul Fitri di perbolehkan dilakukan di masjid bagi daerah yang dikategorikan aman dari covid 19.  Yaitu daerah dalam status zona kuning dan zona hijau. oleh karena itu, Bupati Sidoarjo menegaskan bahwa masyarakat Kabupaten Sidoarjo diperbolehkan untuk sholat berjamaah di masjid daerah masing-masing. Mengingat tidak terdapat desa yang termasuk dalam kategori Orange atau merah menurut data PPKM Mikro.

“ Silahkan masyarakat Sidoarjo menggelar sholat Idul Fitri di semua masjid dan mushola. Adanya covid-19 jangan terlalu takut, juga jangan terlalu berani,yang penting tetap patuhi protokol kesehatan ,”Kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat diwawancara oleh Tribunnews.com.  di acara Safari Ramadhan penyerahan santunan kepada Dhu’afa di Masjid Nurul Huda, Krembung, Senin ( 10/05/2021).

Pelaksanaan Sholat di Masjid Al-Ikhlas Pabean

Di Kecamatan Pabean tepatnya di masjid Al-ikhlas komplek Perumahan Merpati Kehutanan Sidoarjo telah mengadakan Sholat Idul Fitri 2021 dengan mematuhi protokol kesehatan dengan ketat. Dan masyarakat juga terlihat mentaati peraturan dengan baik.

Pertama, Ketika masyarakat memasuki wilayah masjid Al-ikhlas maka petugas akan mengecek suhu tubuh terlebih dahulu, menghimbau agar masyarakat mencuci tangan dan memakai masker saat kegiatan sedang berlangsung. Kedua, apabila memenuhi syarat maka diperbolehkan memasuki wilayah masjid. Ketiga,Khutbah idul fitri juga dilakukan secara singkat dan tetap mematuhi rukun nikah selama 10 menit.  Keempat,Pelaksanaan sholat berjamah juga dilakukan di outdoor sekitar masjid agar sirkulasi udara tetap baik dan mencegah laju percepatan penularan virus covid-19. Kesimpulannya, segala usaha yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia semoga dapat memutus rantai penyebaran covid-19.