//Siswi Penghina Palestina Akan Dikeluarkan, P2G Sebut Berlebihan
Siswi Penghina Palestina Akan Dikeluarkan, P2G Sebut Berlebihan

Siswi Penghina Palestina Akan Dikeluarkan, P2G Sebut Berlebihan

JawaPos.com – Viral di media sosial beberapa hari lalu terkait unggahan video penghinaan kepada Palestina melalui platform TikTok. Adapun, yang melakukannya adalah siswi salah satu SMA di Bengkulu berinisial MS.

Kasus ini juga sudah diusut oleh pihak sekolah dan MS terancam dikeluarkan. Bahkan juga sampai ada petisi yang meminta agar MS dikeluarkan oleh pihak sekolah.

Mengenai hal tersebut, Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim menyampaikan bahwa hal itu berlebihan. Mengingat anak tersebut masih berada di usia sekolah.

“Saya melihat ini kalo diancam dikeluarkan dari sekolah agaknya berlebihan ya, karena usianya masih usia anak,” kata dia kepada JawaPos.com, Selasa (18/5).

Kata dia, dalam kasus ini jangan hanya dilihat dari satu sisi saja, dampak terhadap anak pun juga perlu diperhatikan. Apalagi, hak mendapatkan pendidikan pada anak juga diatur dalam undang-undang (UU) , seperti UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

Menurutnya, dibandingkan dengan mengeluarkan MS dari sekolah, siswi tersebut baiknya mendapatkan pendampingan dari para guru, khususnya di mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).