//Tips Ampuh Semangat Kuliah saat Berpuasa Di Tengah Pandemi Covid -19
Tips Ampuh Semangat Kuliah saat Berpuasa Di Tengah Pandemi Covid -19

Tips Ampuh Semangat Kuliah saat Berpuasa Di Tengah Pandemi Covid -19

Sudah dua kali momen Ramadhan kita rasakan di tengah Pandemi COVID – 19. Kita masih diharuskan untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan untuk memutuskan penyebaran COVID – 19. Semua orang baik pekerja dan pelajar dihimbau untuk tetap dirumah untuk melakukan aktivitas secara daring

Ramadhan tahun ini masih mengharuskan mahasiswa muslim untuk mengikuti kuliah secara daring di rumah. Hal tersebut menimbulkan rasa bosan dan juga stress berkelanjutan.

Selain mengikuti kuliah secara daring, mahasiswa juga dituntut untuk selalu mengerjakan tugas kuliah sambil berpuasa di tengah pandemi COVID – 19. Dimana biasanya bila kita memaksa otak kita bekerja terus menerus dalam keadaan perut lapar akan sulit untuk berpikir dan fokus dengan apa yang akan dikerjakan.

Para mahasiswa yang mengalami hal tersebut secara terus menerus akan menimbulkan terganggunya kesehatan secara mental. Oleh karena itu mahasiswa harus bisa mengatur waktu di tengah pandemi. Mereka tentunya harus menjaga sikap serta sabar selama bulan suci ramadhan ini.

1. Mengatur waktu belajar

Pada saat kuliah daring dan mengerjakan tugas diperlukan langkah yang tepat untuk mengatur kegiatan itu semua agar waktunya efektif. Dianjurkan untuk waktu yang efektif untuk belajar adalah pada saat setelah sholat terawih karena di jam tersebut otak serta pikiran kita dapat berfungis untuk melakukan berbagai hal dengan baik. Sehingga waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas akan terselesaikan secara optimal.

2. Tidak menunda pekerjaan

Jika kita sudah menerima tugas dari dosen sebisa mungkin langsung mengerjakannya karena jika ditunda akan menambah pekerjaan lagi dari tugas mata kuliah dosen lain hingga tugas tersebut menumpuk dan terjadilah pada pengerjaan tugas tersebut terkenal dengan istilah SKS yaitu (Sistem Kebut Semalam) . jika tugas terselesaikan dengan cepat maka akan menambah durasi untuk mengistirahatkan otak kita.

3. Selalu berfikir positif

Meskipun tugas datang silih berganti, harus tetap semangat mengerjakan tugas. Seringkali kita menganggap bahwa banyaknya tugas menjadi sesuatu yang mengerikan. Sebaiknya kita hilangkan anggapan tersebut. Mengerjakan tugas sama saja memberi tahu kita pemahaman tentang materi selama perkuliahan berlangsung. Teruslah berfikir bahwa semua tugas pasti akan selesai, semua tugas ini ada manfaat bagi diri kita sendiri.

4. Mencari hiburan disela – sela waktu senggang

Diwaktu istirahat, kita bisa mencari hiburan untuk menghilangkan stress yang berkelanjutan perkara tugas ini. hiburan yang bisa dicarai adalah menonton video – video seru dan lucu di TikTok maupun Instagram. Atau bisa juga menonton film di Netflix atau menonton drama korea.

5. Mengatur jam tidur

Pada bulan ramadhan ini biasanya jam tidur menjadi terbalik. Karena selepas sahur kebanyakan dari kita adalah tidur sampai waktu dhuhur tiba. Hal tersebut sangat tidak efektif bagi mahasiswa yang memiliki jam perkuliahan di pagi hari.

Maka dari itu kita perlu mengatur jam tidur kita agar menjadi efektif seperti setelah teraweh sebaiknya kita langsung tidur sampai sahur menjelang. Lalu selepas sahur jangan tidur lagi sampai perkuliahan dimulai. Dan juga kalau bisa tugas dikerjakan pada siang hari agar lebih efektif.