//7 Peluang Bisnis Bidang Teknologi di Era Society 5.0

7 Peluang Bisnis Bidang Teknologi di Era Society 5.0

UNM sediakan jurusan-jurusan yang sesuai dengan bidang teknologi masa depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Teknologi digital semakin populer di era saat ini. Dengan teknologi digital banyak memberi kemudahan dan kepraktisan dalam aspek kehidupan. Banyak aspek kehidupan dipengaruhi teknologi digital, bahkan hampir semua lini kehidupan menggunakan teknologi digital.

Hal tersebut pun kini menjadi peluang besar bagi generasi muda dan milenial untuk senantiasa menggali potensi dan kemampuannya di bidang teknologi digital. Pasalnya, peluang bisnis bidang teknologi digital sangat menguntungkan di masa depan. Dan ini akan menjadi peluang yang menjanjikan bagi generasi muda dan milenial. Saatnya terus menggali ilmu pengetahuan dan potensi diri dengan kuliah di Universitas yang senantiasa mengedepankan inovasi dan teknologi. 

Berikut tujuh  peluang bisnis bidang teknologi di masa depan yang sangat menjanjikan dikutip dari rilis yang diterima Republika.co.id.

1. Software House

Software house menjadi perusahaan yang menyediakan jasa dalam melayani pemesanan, pembuatan software atau aplikasi yang sesuai dengan keinginan dari klien. Bisnis ini sangat menjanjikan di masa depan. Terbukti dengan semakin berkembangnya teknologi, maka akan semakin banyak perusahaan yang membutuhkan aplikasi pengelolaan berbasis digital untuk membantu pekerjaan mereka, seperti pengelolaan data keuangan, data gudang, data karyawan, dan lain sebagainya. 

Ilmu pengetahuan ini dapat digali dan dipelajari saat anda masuk kuliah jurusan Sistem Informasi. Karena di jurusan ini kamu akan belajar mengelola dan juga membuat software dari mulai merancang, menganalisis hingga membuat aplikasi sebagai suatu solusi dari permasalahan yang ada.

2. Startup

Bisnis startup merupakan bisnis rintisan dengan mengutamakan ide-ide baru dan memberi solusi atas permasalahan yang ada pada konsumen. Startup biasanya mengandalkan teknologi untuk membantu pertumbuhan bisnis. 

Peluang startup di Indonesia sangat menjanjikan. Meski sudah banyak pemain di bidang bisnis ini, akan tetapi variasi bisnisnya masih sedikit. Sehingga ini dapat dijadikan peluang bagi generasi muda dan milenial untuk membangun dan menggali potensi diri. Dengan belajar dan menimba ilmu di Universitas atau perguruan tinggi yang sudah terbukti membina para startup muda, seperti Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang memiliki wadah diberinama NSC (Nusa Mandiri Startup Center).

3. Content Creator

Menjadi seorang content creator juga dapat membuka peluang bisnis yang menjanjikan di masa depan. Profesi ini membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, suara ataupun gabungan dari dua atau lebih materi. Biasanya masuk kedalam tim kreatif media sosial karena konten-konten tersebut dibuat untuk media. 

Content creator menjadi tonggak utama sebuah perusahaan, apalagi perusahaan yang menggunakan media sosial untuk menarik konsumennya. Kamu dapat mengasah kemampuan kreativitas dengan terus menggali potensi dan bakat menjadi seorang content creator dengan kuliah universitas yang senantiasa mengunggulkan teknologi.

4. Game Developer

Membangun perusahaan game developer harus punya konsep yang menarik dan kreatif. Bisnis game juga sangat menjanjikan untuk masa depan. Potensi teknologi yang terus berkembang akan lebih memudahkan SDM kreatif menciptakan game. Pasalnya banyak juga generasi muda dan milenial saat ini, hobi berselancar di dunia game baik online maupun offline. 

Game developer ini membutuhkan keahlian di bidang teknologi yang memadai untuk mempermudah kerja dan meningkatkan kinerja mereka dalam membuat game. Dan tentunya game yang dibuat harus sesuai dengan tren gamers saat ini. Oleh karenanya perlu menggali potensi dan skill yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Anda dapat kuliah di jurusan Informatika untuk dapat lebih mendalami skill ini.

5. Digital Marketing

Bisnis digital marketing saat ini semakin menunjukkan tren yang positif dan terus mengalami peningkatan dengan signifikan. Bisnis pemasaran secara digital memang lebih disukai para pelaku usaha, daripada pemasaran dengan cara konvensional biasa. 

Sistem pemasaran secara digital dirasa lebih menjangkau konsumen secara relevan dan tepat waktu serta langsung ke konsumen. Peluang bisnis digital marketing sangat menjanjikan di masa depan, karenanya dibutuhkan ilmu pengetahuan yang sangat mumpuni untuk dapat mengelola bisnis ini. Dengan menimba ilmu pengetahuan di jurusan bisnis digital, Universitas Nusa Mandiri bisa menjadi rujukan agar bisa memperdalam ilmu pengetahuan di bidang digital marketing, melalui program studi (Prodi) Digital Bisnis.

6. E-Commerce

Indonesia merupakan negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi di dunia pada tahun 2019, mengutip data dari GlobalWebIndex. Perubahan gaya hidup konsumen, industri e-commerce banyak membuka peluang bisnis baru. 

Bisnis e-commerce semakin kompetitif dan masih banyak potensi industri e-commerce yang belum tergali. Sehingga,  ini dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan di masa depan. Dibutuhkan pengetahuan dan wawasan yang sesuai dengan bisnis e-commerce ini, Universitas Nusa Mandiri mampu mengantarkan anda mendalami ilmu di bidang e-commerce agar lebih inovatif dan mengedepankan teknologi.

7. Internet Service Provider

Bisnis Internet Service Provider (ISP) sangat dibutuhkan masyarakat modern era society 5.0. Karena mereka tidak pernah terlepas dari jaringan internet untuk memenuhi kebutuhan mereka. 

Mulai dari aspek pendidikan hingga rumah tangga membutuhkan jasa ISP. Sehingga,  bisnis ini memiliki peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Akan tetapi membuka usaha di bidang ISP membutuhkan ilmu pengetahuan yang sesuai. Jurusan Informatika, Universitas Nusa Mandiri mampu menyediakan ilmu pengetahuan dan wawasan di bidang jaringan internet dan berbasis teknologi modern.

Jadi tunggu apalagi, ketujuh peluang bisnis di atas sangat menanti kamu untuk turut andil. Siapkan ilmu pengetahuan dan wawasan kamu sesuai dengan tujuan peluang bisnis yang ingin kamu capai. Dengan menimba ilmu pengetahuan dan mengasah skill/keterampilan anda di Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang sudah terakreditasi dengan peringat Baik Sekali (B).  

Kampus UNM telah menyediakan jurusan-jurusan yang sesuai dengan bidang teknologi masa depan yang sangat menjanjikan. Kini, sudah membuka gelombang pendaftaran ketiga mulai 7 April hingga 7 Juni 2021. Dan akan mulai kuliah di bulan September 2021, segera daftarkan diri kamu, agar kesempatan emas peluang bisnis masa depan Anda tidak tergeser oleh orang lain.