//Ternyata ini 3 Olahraga yang Disunahkan oleh Rasulullah SAW
Ternyata ini 3 Olahraga yang Disunahkan oleh Rasulullah SAW

Ternyata ini 3 Olahraga yang Disunahkan oleh Rasulullah SAW

Source: Kuda dan Panah Senjata Akhir Zaman – Hidayatullah.com

Olahraga merupakan salah satu aktifitas yang tidak bisa kita sepelekan. Basically, di dalam tubuh yang sehat terdapat tubuh yang kuat, pepatah  tersebut pasti sudah sering kita dengarkan. Untuk membuat badan sehat, salah satu cara mudahnya adalah dengan berolahraga. Olahraga dapat membuat dan membentuk imunitas tubuh kita terhadap penyakit. Adapun beberapa olahraga yang disunahkan oleh Rasullulah SAW.

Berolahraga sebenarnya disukai oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW, karena berarti menjaga amanah yang Allah beri berupa kesehatan tubuh. Therefore, ada beberapa olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW diantaranya ada berkuda, berenang, dan memanah. Umar bin Khattab bersabda “Ajarilah anak-anakmu berkuda, berenang dan memanah.”  So, ini lah ketiga olahraga yang disunahkan Rasulullah SAW kepada kaum kita.

1. Berkuda

https://infopublik.id/read/208829/nikmati-liburan-idul-fitri-dengan-berkuda-dan-memanah-di-wdo.html?video=

Source: InfoPublik – Nikmati Liburan Idul Fitri Dengan Berkuda dan Memanah di WDO

Accordingly, dalam ketiga olahraga tersebut memiliki beberapa keutamaan sehingga mampu bermanfaat bagi kesehatan, raga dan juga pikiran. Rasul menyerukan agar generasi muda pada masa itu mahir berkuda. Kemahiran berkuda adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh para pria ketika itu. Besides untuk berburu, ketangkasan berkuda adalah penopang penting dalam peperangan. Lewat berkuda tulang belakang penunggangnya akan mengalami sebuah proses pengurutan. Seiring bergeraknya hewan tersebut, maka tulang manusia pun akan bergesekan secara harmoni. Dan hal tersebut sangat baik bagi syaraf-syaraf tulang.

2. Memanah

https://www.mynewshub.tv/terkini/farah-amalina-cipta-rekod-kebangsaan-memanah/

Source: Farah Amalina Cipta Rekod Kebangsaan Memanah – MYNEWSHUB

Olahraga selanjutnya adalah memanah. Banyak yang belum mengetahui bahwa memanah adalah olahraga tertua lho! Olahraga ini sudah ada sejak zaman batu atau 20.000 sebelum masehi. Rasulullah SAW sendiri merupakan pemanah dan memiliki tiga busur. Sahabat Sa’ad bin Abi Waqqas dikenal sebagai pemanah yang handal. Manfaat dari olahraga ini cukup banyak yakni salah satunya seperti melatih kesabaran dan melatih kefokusan. Karena panahan pada dasarnya merupakan sebuah mental game. Memanah membutuhkan keseimbangan tubuh dan pikiran. Surely lawan bukan dari orang lain, namun dari diri sendiri. So, ketika tidak bisa mengontrol perasaan emosi diri, maka hasil yang didapat tidak akan maksimal.

3. Berenang

https://lifestyle.okezone.com/read/2020/02/01/194/2161830/world-hijab-day-intip-gaya-sporty-zee-zee-shahab-hingga-olla-ramlan-saat-berolahraga

Source: World Hijab Day, Intip Gaya Sporty Zee Zee Shahab hingga Olla Ramlan saat Berolahraga : Okezone Lifestyle

Afterwards, ada olahraga berenang. Olahraga ini cocok untuk orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Karena dengan berenang bisa membakar kalori juga lho! Selain itu juga bisa untuk meguatkan stamina, otot dan tulang rangka karena seluruh anggota tubuh bergerak ketika melakukan olahraga tersebut. Berenang sangat penting ketika harus melintasi sungai ataupun lautan. However, untuk para kaum muslimah terkadang kegiatan renang bisa jadi kendala karena auratnya tidak boleh terlihat sembarang orang. Tetapi kita sudah tidak perlu khawatir karena beberapa tempat renang tersedia khusus untuk perempuan saja.

After all, jadi dari ketiga olahraga tadi kalian bakal pilih berkuda, memanah atau berenang? Ketiganya sama-sama sehatnya, dan tentunya melakukan kegiatan olahraga tersebut membuat kita melaksanakan sunah Rasulullah SAW. Selamat berolahraga!