//Kalahkan Manchester City, Chelsea Juarai Liga Champions 2020/2021
Kalahkan Manchester City, Chelsea Juarai Liga Champions 2020/2021

Kalahkan Manchester City, Chelsea Juarai Liga Champions 2020/2021

Kalahkan Manchester City, Chelsea Juarai Liga Champions 2020/2021

Sumber : https://www.instagram.com/skysports/
Sumber : https://www.instagram.com/skysports/

Pertandingan Final Liga Champions mempertemukan antara kedua tim raksasa yang merupakan wakil dari Liga Inggris. Laga ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Mei 2021 waktu Portugal atau Minggu, 30 Mei 2021 pukul 02.00 WIB dini hari.

Awalnya pertandingan ini digelar di stadion Ataturk, Instabul, Turki yang kemudian UEFA memindahkan venue tersebut ke Estadio do Dragao, Portugal. Kepindahan stadion ini dilakukan karena masalah Covid-19, akan tetapi Pemerintah Inggris menetapkan Turki sebagai negara yang dilarang untuk dikunjungi oleh warga asing lantaran pandemi Covid-19.

Rencananya UEFA mengizinkan supporter kedua klub untuk datang menyaksikan langsung laga final tersebut, tentu dengan pembatasan kuota. Masing-masing pendukung klub diberikan jatah tiket sebanyak 6000 tiket per klub. Sebelumnya kapasitas supporter ini telah dibicarakan bersama antara UEFA dan pihak otoritas Portugal.

Pertandingan berjalan sangat sengit dan seru, kedua tim saling jual-beli serangan untuk mencetak skor. Tentu Man. City maupun Chelsea bermain ngotot dan mati-matian untuk laga akhir ini demi mendapatkan titel juara.

Kedua tim saling menunjukkan permainan terbuka dan beradu serangan. Seringkali bola sampai ke kotak penalti kedua tim, namun kedisiplinan pagar belakang mampu menahan menahan serangan. Gol penentu kemenangan Chelsea akhirnya terpecahkan pada menit ke-42 yang dicetak oleh Kai Havertz setelah menerima umpan terobosan dari Mason Mount dan berhasil menggocek kiper Man. City, Ederson yang maju untuk mengahalau bola.

Setelah berhasil melewati Ederson, Kai dengan mudah menendang bola ke gawang Man. City yang sudah kosong. Di sisi lain, Man. City juga seringkali mencoba menyerang hingga beberapa peluang mengancam gawang Chelsea. Namun, pertahanan The Blues begitu rapat dan bek mereka disiplin sehingga peluang The CItizens selalu digagalkan. Alhasil Chelsea sukses memenangkan pertandingan setelah sepanjang babak kedua tidak ada gol yang tercipta.

Performa N’Golo Kante
Sumber : https://www.instagram.com/championsleague/
Sumber : https://www.instagram.com/championsleague/

Kemenangan The Blues tidak terlepas dari jasa sesosok gelandang yang dimilikinya, N’Golo Kante. Salah satu kunci keberhasilan mengalahkan Man. City pada final Liga Champions musim ini berkat performa yang apik dan solid dari pemain berkewarganegaraan Prancis tersebut. Dalam berbagai kesempatan, Kante seringkali berhasil mematahkan strategi penyerangan The Citizens.

Dilihat dari statistik, Kante sukses melakukan 3 tekel, 2 intersep, dan 2 clearances, selain itu tingkat akurasi Kante mencapai 85% dengan 29 akurat dalam total 34 operan. Tak heran jika dirinya dinobatkan man of the match dalam pertandingan tersebut, ini merupakan ketiga kalinya ia dinobatkan menjadi pemain terbaik dalam gelaran Liga Champions musim ini.

Kegigihan Thomas Tuchel
Sumber : https://www.instagram.com/chelseafc/
Sumber : https://www.instagram.com/chelseafc/

Kegigihan Tuchel mengasuh anak didiknya membuktikan bahwa Chelsea tidak salah memilihnya. Manajer asal Jerman tersebut sukses membuat The Blues mengalami perubahan yang signifikan di Liga domestik maupun Liga Champions, meskipun kalah menghadapi Leicester dalam final Piala FA, kehadiran Tuchel tidak dapat diragukan lagi. Fakta menarik dibalik juara Liga Champions selama 3 musim berturut-turut dimenangkan oleh pelatih asal Jerman yakni 2019 Jurgen Klopp (Liverpool), 2020 Hansi Flick (Bayern Munchen) dan 2021 Thomas Tuchel (Chelsea).