//MAHASISWA BARU WAJIB TAHU! 5 TIPE DOSEN INI AKAN KAMU TEMUI, NO. 3 PENGEN NONJOK
MAHASISWA BARU WAJIB TAHU! 5 TIPE DOSEN INI AKAN KAMU TEMUI, NO. 3 PENGEN NONJOK

MAHASISWA BARU WAJIB TAHU! 5 TIPE DOSEN INI AKAN KAMU TEMUI, NO. 3 PENGEN NONJOK

Penerimaan mahasiswa Perguruan Tinggi sudah mulai dibuka (15/2/2021). Bagi kalian pemburu PTN Banyak sekali jalur atau seleksi untuk menjadi Maba atau mahasiwa baru. Jalur tersebut antara lain SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Tentu hal ini akan membuat kalian semangat dalam mempersiapkan diri untuk seleksi ujian masuk Perguruan Tinggi idaman.

Awal masuk perkuliahan semester baru terjadi di bulan awal September. Hal ini tentu membuat hati para mahasiswa baru deg-degan Bahagia. Dapat merasakan euorpia menjadi mahasiwa di Kampus tentu sangat menyenangkan. Dapat bertemu dengan temen baru dan diajar oleh dosen yang berkompeten tentu membuatmu semakin semangat ngampus. Karena di kampus kalian dapat bertemu dengan berbagai macam karakter orang dari Sabang sampai Merauke.

Untuk kalian mahasiswa baru ada baiknya untuk tahu terlebih dulu beberapa tipe karakter dosen agar tidak kaget ketika ngampus. Nah ini 5 Tipe Dosen yang akan kamu temui nanti.

1. Dosen Idaman

Dosen ini menjadi favorit mahasiwa ada beberapa kriteria pertama faktor face ganteng/cantik masih muda, tidak pelit nilai, humble, suka nraktir dan gaya pengajaran yang sangat masuk akal serta mudah diterima.

ilustrasi dosen ganteng idaman (pinterest.com)

Beliau yang satu ini biasanya menjadi dosen favorit yang ditunggu-tunggu mahasiswa. Biasanya karena dosennya yang asik, mudah diajak bercanda. Banyak mahasiswa yang akhirnya pada saat pemilihan dosen terbaik selalu memilih orang ini.

 

2. Rajin Memberikan Tugas

ilustrasi perjuangan mahasiswa (foto: facebook architecture student’s association)

Mungkin ketika disekolah kamu diberikan tugas oleh gurumu, sama di Kampus juga. Tetapi tugas di Kampus berbeda Maba, karena memiliki tingkat kesulitan tinggi serta kalian dituntut begadang apabila tugas numpuk. Tak heran banyak mahasiswa stress dan yang mungkin ngulang karena tugas yang tidak manusiawi ini.

3. Dosen Jarang Masuk Tapi Sering Memberikan Tugas

Nah tipe dosen yang kayak gini bakal yang membuat kalian pengen di nonjok. Biasanya dosen memberikan tugas setelah diberikan arahan atau contoh pengerjaan. Tapi tapi terkadang dosen juga ngeselin, udah jarang masuk, tidak mengajari mahasiswanya eh diberikan tugas yang tidak manusiawi. Terkadang dosen seperti ini tipe malas tipis-tipis. Dosen kayak gini cenderung memilih mahasiswanya untuk belajar mandiri di youtube atau bertanya kakak tingkat.

ilustrasi mahasiswa yang sudah bingung mau berbuat apa [sumber: Twitter.com/@mhderisoktv]
Kesel kan ya pengen nonjok, bayar UKT mahal-mahal diberi tugas tidak manusiawi, udah dosen wajahnya tidak enak dipandang, suruh belajar mandiri juga. Ditambah dosennya bodo amat, lengkap sudah sama lauk pauknya. Terkadang ini yang bisa bikin mahasiswa sakit 7 hari 7 malam . Tapi tenang, kalian dapat nuntut kok di hari penghakiman kelak hehe. dosen ini baik ingin mahasiswanya agar mandiri dan mampu menghadapi perubahan yang menuntut mahasiswa terus belajar tidak hanya di dalam tapi di luar kampus.

4. Tidak Peduli, Bodo Amat

Dosen seperti banyak ditemui di sejumlah Kampus. Jadi jangan apabila nanti kamu ketemu dosen yang benar-benar tidak peduli atau bodo amat dengan alasan kamu. Meskipun terkadang kamu memiliki alasan yang nyata dan masuk akal. Misal kamu datang terlambat, atau tidak ngerjain tugas mungkin karena masalah gawat, menyelamatkan nyawa atau membantu para Avangers. yang akhirnya membuat kamu kecewa dan insecure dengan sikapnya.

ilustrasi gambar hewan bodo amat (www.kibrispdr.org)

Sebenarnya Dosen seperti  cenderung ingin mahasiswa mampu bertanggung jawab dan konsisten terhadap apa yang dipilih. Melatih mahasiswa untuk menghadapi berbagai resiko yang terjadi walaupun bagimana keadaannya. Yang akhirnya menciptakan mahasiswa yang solid. Tapi bikin jengkel

5. Dosen Killer

Mungkin kalian tidak asing dengan sebutan dosen killer. Iya dari namanya killer dapat disimpulkan bahwa dosen ini memiliki aura negatif bagi mahasiswa, setiap masuk kelas suasana menjadi tegang, dramatis. Tidak jarang banyak mahasiswa mengeluh dan mendoakan dosen ini agar segera taubat.

ilustrasi dosen killer sumber: rencanamu.id)

Pemberian nilai yang terkadang berujung maut. Tidak jarang banyak mahasiswa yang mati-matian belajar dari kos temen ke kos temen lain, antar kecamatan dalam kota demi lulus dalam mata kuliah yang di ampu dosen ini. Terkadang membuat mahasiswa harus merelakan dan ikhlas untuk mengulang mata kuliah tersebut semester depan. sebenarnya dosen ini memiliki tujuan ingin membuat kamu lebih disiplin dan tegas dalam mengambil keputusan.

 

itu tadi beberapa karakteristik tipe dosen yang sudah admin rangkum untuk kalian. Buat kalian mahasiswa baru ada baiknya untuk mengenal dosen-dosen yang ada di jurusanmu agar tidak kaget ketika kuliah berlangsung.