//Bercermin dari Kasus Jessica Jane Kecil, Jejak Digital Tidak Bisa Diremehkan
Bercermin dari Kasus Jessica Jane Kecil, Jejak Digital Tidak Bisa Diremehkan

Bercermin dari Kasus Jessica Jane Kecil, Jejak Digital Tidak Bisa Diremehkan

Jessica Jane seorang Youtuber dengan 8,78 juta subscriber sempat menjadi perbincangan publik. Saudara kandung YouTuber kondang Jess No Limit ini menjadi trending topik pada (19/4). Hal tersebut lantaran unggahan lama akun  Facebook Jane Jessica muncul kembali ke permukaan.

Hal ini ramai di Twitter karena unggahan Jessica Jane saat kecil memperlihatkan kata kasar. Kata yang tidak seharusnya dilontarkan anak usia 9 tahun. Unggahan Jessica Jane tertuju pada semua orang dan tidak luput untuk koko nya yaitu Jess No Limit.

Akibat dari viralnya unggahan tersebut, banyak kreator yang membuat meme lucu tentang unggahan tersebut untuk bahan bercandaan. Seperti gambar dibawah ini, terdapat meme beserta foto kecil Jessica Jane.

Meme Unggahan Facebook & foto Jessica Jane. Sumber: https://twitter.com/grcjessicajane

Salah satu jejak digital Facebook Jessica Jane tersebut diunggah oleh akun @txtdrkaumbengek pada media sosial Twitter. Akun tersebut menyertakan caption “adeknya jess no limit kecilnya bangor juga ya”. Kemudian di re-tweet oleh Jessica Jane yang intinya unggahannya tidak untuk ditiru karena saat itu hati nuraninya belum bekerja.

Sumber : https://twitter.com/grcjessicajane

Jessica Jane mengaku hati nurani nya belum bekerja saat itu. Ia meminta maaf akan hal tersebut melalui akun YouTube dan media sosial lainnya seperti Twritter. Jessica juga tidak membenarkan hal tersebut dan tidak menyarankan untuk ditiru.

Jejak digital merupakan histori data yang terbuat saat kita mengakses internet. Berkaca dari kasus Jessica Jane jejak digital yang telah lama akan tetap terekam. Oleh sebab itu diharapkan untuk bijak dalam bermedia sosial. Namun demikian jejak digital dapat dihilangkan dengan beberapa cara.

Lalu bisa tidak sih membersihkan jejak digital di media sosial? Yuk simak beberapa tips berikut ini :

Berikut terdapat 7 cara untuk membersihkan jejak digital di media sosial yang dilansir dari Kompas.com. Dengan cara (1) melakukan audit platform media sosial. (2) Menghapus akun yang sudah tidak aktif lagi. (3) Melakukan penggantian nama akun atau username. (4) Mematikan fitur tagging. (5) Memprivasi akun. (6) Berfikir 2x sebelum melakukan pengunggahan. (7) Selalu berusaha membentuk citra baik dalam bermedia sosial.

Bercermin dari kasus ini dan dengan melihat kenyataan yang ada bahwa perkembangan teknologi semakin canggih, pengguna diharapkan lebih bijak bermedsos.