//Mobil SUV Terlaris di Jepang kini Toyota Raize Siap Meluncur Di Pasar Otomotif Indonesia
Mobil SUV Terlaris di Jepang kini Toyota Raize Siap Meluncur Di Pasar Otomotif Indonesia

Mobil SUV Terlaris di Jepang kini Toyota Raize Siap Meluncur Di Pasar Otomotif Indonesia

Foto Toyota Raize 2021 dengan warna Turqoize MM (Sumber foto dari: https://www.cnnindonesia.com)

Pada tanggal 30 april 2021 dalam dunia pasar otomotif Indonesia dari pabrikan PT. Toyota-Astra Motor meresmikan peluncuran produk terbarunya ke dalam tanah air yaitu Toyota Raize. Mobil ini awalnya sempat menjadi mobil terlaris di jepang dalam sekelas mobil SUV. Seperti yang dilansir dari GRIDOTO.com toyota Raize diluncurkan menjadi 3 variant tipe 1.2 G, 1.0 Turbo G, serta1.0 GR Sport.

Spesifikasi

Untuk masalah tenaga mesin semua tergantung dari variant yang disediakan oleh toyota. Seperti pada variant 1.2 G yang dibekali mesin 1.200 cc 3 silinde. Pada tipe ini mengahsilkan tenaga 86,7 dk (daya kuda) dalam 6.000 rpm dengan torsi sebesar 112 Nm dalam 4.500 rpm.

Lalu untuk tipe 1.0 Turbo G dan 1.0 Turbo GR Sport berkapasitas mesin hanya 1.000 cc 3 silinder. Walaupun kapasitas mesin yang diberikan pada mobil ini kecil namun mesin dengan tipe tersebut dibekali oleh turbo. Yang dimana bisa untuk menambah performa kecepatan pada mesin mobil Toyota Raize. Bagi tipe mesin turbo mampu mengahasilkan tenaga sebesar 96,6 dk  dalam 6.000 rpm, serta torsi 140Nm dalam 2.400 – 4.000 rpm.

Untuk masalah transmisi sendiri pada toyota raize memiliki dua macam tranmisi. Yaitu manual untuk variant 1.2 G dan 1.0 Turbo G. Serta tranmisi CVT dimiliki oleh variant 1.0 Turbo G dan 1.0 GR Sport.

Toyota Raize

Toyota Raize juga merupakan sebuah produk otomotif yang memiliki kembaran dari Daihatsu Rocky. Dimana kedua mobil tersebut merupakan hasil kerja sama antara perusahan PT. Toyota Astra Motor dengan PT. Astra Daihatsu Motor. Kerja sama mereka tersebut merupakan produk tersukses mereka kelima setelah kerja sama sebelumnya. Seperti avanza dan xenia, rush dan terios, alya dan agya, calya dan sigra.

Sekilas Tentang Toyota Raize

Sekilas Toyota Raize adalah keingian dari pihak Toyota Astra Motor dalam membuat mobil perkotaan dengan seminimalis mungkin . Serta dengan luas interior mobil selega mungkin untuk para konsumennya. Mobil ini pun juga dirancang menjadi sebuah SUV yang cocok sekali untuk  keluarga kecil yang beranggotakan tiga sampai lima orang. karena mobil ini hanya dilengkapi lima kursi duduk diantaranya dua kursi bagian depan serta satu kursi belakang lebar.

Toyota Raize ini dirancang menjadi mobil perkotaan dikarenakan pengonsumsian bahan bakarnya yang lebih irit. Karena hanya berkapasitas mesin 1.000 – 1.200 cc. Serta design mobil yang sangat futuristik dan elegan membuat Toyota Raize ini cocok jadi mobil perkotaan atau city car.

Harga Toyota Raize

Untuk masalah harga yang ditawarkan dari pihak Toyota Astra Motor, Toyota Raize memiliki harga yang terbilang cukup terjangkau. Yaitu sekitar  Rp 219,9 – Rp 263,7 juta tergantung dari variant yang sudah disediakan. Harga tersebut merupakan harga PPnBM yang diberlakukan pemerintah hinnga mei 2021.