//UT Beri Beasiswa Penuh Bagi Seluruh Mahasiswa Penyandang Tunanetra
UT Beri Beasiswa Penuh Bagi Seluruh Mahasiswa Penyandang Tunanetra

UT Beri Beasiswa Penuh Bagi Seluruh Mahasiswa Penyandang Tunanetra

JawaPos.com – Universitas Terbuka (UT) berupaya memberikan akses yang luas bagi penyandang tunanetra. Mereka memberikan beasiswa penuh kepada para mahasiswa tunanetra. Selain itu seluruh bahan ajar sudah dilengkapi audio sehingga mempermudah mereka untuk belajar.

Rektor UT Ojat Darojat mengatakan saat ini ada sekitar 40 orang mahasiswa tunanetra di kampusnya. “Semuanya mendapatkan beasiswa penuh,” katanya usai pembukaan Dies Natalis UT ke-37 di kampus UT, Tangerang Selatan, Banten Kamis (24/6).

Ojat menjelaskan kesempatan beasiswa bagi para penyandang tunanetra itu masih terbuka lebar. Untuk itu dia mempersilahkan kepada para penyandang tunanetra di seluruh Indonesia untuk mendaftar di UT. Tidak hanya di kantor UT Pusat, tetapi juga di unit layanan UT di daerah-daerah.

Dia mengatakan pemberian beasiswa kepada para penyandang tunanetra itu merupakan wujud apresiasi. “Dengan keterbatasan yang dimiliki, mereka masih memiliki semangat belajar luar biasa,” jelasnya. Semangat seperti itu bagi Ojat perlu diapresiasi dan terus didorong.

Ojat juga mengatakan penyandang tunanetra tidak perlu khawatir untuk belajar di UT. Tidak ada persyaratan harus bisa membaca tulisan braille. Sebab saat ini bahan ajar di UT sudah dilengkapi fasilitas digital berupa suara. Sehingga mahasiswa tunanetra bisa mengikuti pembelajaran dengan mudah.

Dalam kesempatan itu Ojat juga menyampaikan sudah waktunya pemerintah meningkatkan kriteria wajib belajar. Dari yang saat ini sampai SMA, dinaikkan menjadi tingkat pendidikan tinggi atau kuliah.