//Apa sih Bulan Purnama Pink Supermoon Tadi Malam?
Apa sih Bulan Purnama Pink Supermoon Tadi Malam?

Apa sih Bulan Purnama Pink Supermoon Tadi Malam?

Photo by uomo libero on Unsplash

Selasa (27/4/2021), sekitar pukul 10:31 tadi malam telah terjadi fenomena bulan purnama yang di sebut dengan pink supermoon. Bulan purnama ini mencapai puncak terdekatnya dengan bumi dalam jarak 357.378 km.

Lalu sebenarnya apa sih pink supermoon ini? berikut fakta seputar bulan purnama merah jambu yang terjadi malam tadi.

Munculnya bulan purnama ini bukan dikarenakan permukaan bulan berubah warna menjadi pink atau merah jambu, melainkan bentuk penamaan penampakan bulan penuh pada bulan April yang terinspirasi dari nama tanaman moss pink, atau juga dikenal sebagai creeping phlox, moss phlox, atau mountain phlox.

Terdapat beberapa alasan mengapa bulan ini di ambil dari nama tanaman, mulai dari munculnya bulan ini bertepatan dengan tumbuhnya tanaman moss phlox yang berwarna merah jambu sebagai tanda memasuki musim semi.

Selain pink moon, nama lain dari fenomena ini cukup bermacam-macam.Di antara suku-suku pesisir Amerika Utara fenomena bulan ini di namakan Fish Moon, Eeg Moon, dan Sprouting Grass Moon.

Meskipun penamaan fenomena ini tidak di dasari pada warna yang muncul pada bulan, Pada kenyataannya bulan yang muncul tadi malam terlihat berwarna merah jambu dari beberapa sisi. Fenomena pink super moon ini dapat di saksikan oleh semua orang dari penjuru dunia.

Lewat media sosial netizen dari seluruh penjuru dunia membagikan momen pink super moon tadi malam. Mulai dari fotografer pro hingga orang awam berlomba-lomba mengabadikan momen ini menggunakan kamera adan smartphone mereka.

Jangan takut ketinggalan bila kamu belum menikmati fenomena ini secara langsung, mengutip dari pernyataan Nasa penampakan bulan purnama ini akan bertahan di langit selama kurang lebih 3 hari sejak Selasa (27/4/2021) hingga Kamis (29/4/2021) pagi.

Fenomena ini munculĀ  di sebabkan oleh jarak orbit bulan yang mendekat ke bumi, sehingga bulan tampak lebih besar dari biasanya.

Fenomena ini sebelumnya muncul pada Senin (19/4/2021), dan tadi malam menjadi puncak jarak terdekat antara orbit bulan dengan bumi. Namun, selain fenomena Pink Supermoon ini masih terdapat fenomena alam lain yang akan muncul sepanjang bulan April 2021.