//Libur Raya dan Setelah Libur Raya Suroboyo Bus Tetap Beroperasi dan Ramai Penumpang
Libur Raya dan Setelah Libur Raya Suroboyo Bus Tetap Beroperasi dan Ramai Penumpang

Libur Raya dan Setelah Libur Raya Suroboyo Bus Tetap Beroperasi dan Ramai Penumpang

Kamis (20/05/2021) Libur hari raya telah usai namun penumpang Suroboyo Bus tidak berkurang dan tetap sebanyak biasanya.

photo by Irvan Wahyu
sc: @suroboyobus
Suroboyo BusĀ 

Suroboyo Bus adalah akomodasi darat yang di sediakan oleh pemerintah daerah Surabaya sebagai alat transportasi dengan pembayaran sampah plastik. Tahun ini Suroboyo Bus semakin berkembang dengan penggunaan apliaksi sebagai alat bantu transaksi sampah yang mudah dan terintegrasi dengan rute perjalanan bus.

Moda transportasi ini banyak di pilih oleh penumpang selain terhitung gratis, juga karena kenyamanan yang di berikan. Mulai dari terdapat pendingin udara dan tempat duduk yang luas juga terdapat cctv sebagai bentuk keamanan dalam berkendara.

Menurut bapak Suryo selaku petugas penukaran botol di kecamatan Gunung Anyar, meskipun bus yang beroperasi pada jalur merr berkurang. Namun antusiasme masyarakat menikmati moda transportasi ini tetap tinggi dilihat dari masih banyak orang yang menukarkan sampah plastiknya di tempat penukaran botol.

Pak Suryo juga menambahkan bahwa bus yang beroperasi paling banyak adalah pada rute Purabaya-Rajawali, lalu kedua pada rute Unesa-ITS. Sedangkan Merr-Kenpark yang baru saja memperpanjang jalurnya hanya menyisakan 2 bus yang beroperasi selama masa pandemi Covid-19 ini.

Banyaknya bus yang beroperasi sebanding dengan antusiasme masyarakat menggunakan bus sebagai transportasi umum. Rute Purabaya-Rajawali termasuk rute tersibuk dan terpadat di antara 2 rute lainnya. Tidak pernah di temui bus kosong bahkan pada armada bus terakhir.

Tidak hanya setelah libur hari raya, ketika hari raya kemarin pun bus tetap beroperasi dan sama sibuknya seperti biasanya. Penumpang bus memiliki berbagai macam alasan mulai dari hanya ingin mencoba hingga menjadikan bus sebagai moda transportasi utama mereka. Meski halte bus belum tersebar dengan luas, namun halte bus masih cukup bisa menjangkau tempat-tempat wisata di Surabaya.

Beberapa tempat wisata yang di lewati atau dekat dengan halte bus Surabaya adalah Museum, Monumen, Mall, Taman dan destinasi wisata kota tua. Sejak pelarangan lockdown di hentikan Suroboyo bus telah beroperasi kembali.

lalu sudahkan kalian mencoba armada transportasi nyaman dan ramah lingkungan ini?