//UMKM Sentanan Mojokerto Diberdayakan bersama Kelompok 4 KKN UPN Veteran Jawa Timur
UMKM Sentanan Mojokerto Diberdayakan bersama Kelompok 4 KKN UPN Veteran Jawa Timur

UMKM Sentanan Mojokerto Diberdayakan bersama Kelompok 4 KKN UPN Veteran Jawa Timur

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur telah berlangsung sejak tanggal 13 – 27 Juli 2021. Kegiatan tersebut salah satunya dilaksanakan di Kelurahan Sentanan Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto oleh kelompok 4.

Kegiatan tersebut disambut dengan baik oleh pihak Kelurahan Sentanan. Hal ini dapat dilihat melalui program kerja dari kelompok 4 yang mendapat respon baik. Salah satunya program kerja yang memberdayakan UMKM Sentanan.

Pemberdayaan ini dilaksanakan dengan membuat penunjuk jalan menuju Jajanan Kuliner Sentanan, sebutan untuk lokasi dimana para UMKM berdiri. Penyerahan dan pemasangan penunjuk jalan tersebut dilaksanakan pada Rabu, 21 Juli 2021 di Kelurahan Sentanan. Pelaksanaan tersebut didampingi langsung oleh Lurah Sentanan yaitu Akhmat Fatoni, SE.

Papan penunjuk jalan dipasang di beberapa titik yang menjadi arah menuju pelaku UMKM. Selain itu, ada juga banner yang dipasang di gapura Kelurahan Sentanan, sebagai simbol bahwa warga memasuki kawasan Jajanan Kuliner Sentanan.

“Semoga bisa bermanfaat bagi para pelaku UMKM di Kelurahan Sentanan,” ujar Akhmat Fatoni.

Pemasangan papan penunjuk jalan sebagai bagian dari pelaksanaan program teknologi tepat guna guna ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pelaku UMKM. Warga Mojokerto diharapkan semakin banyak yang mengetahui keberadaan Jajanan Kuliner Sentanan.

Kelompok 4 KKN Tematik Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur juga memberikan kelengkapan bagi para pelaku UMKM seperti stiker, banner, nota, dan beberapa refrensi wadah makanan. Kegiatan ini merupakan bagian dari pemberdayaan yang dilakukan bagi pelaku UMKM di Keluarahan Sentanan

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini diharapkan tidak hanya memberi jangka pendek, namun juga dampak jangka panjang, seperti semakin meluasnya warga yang mengetahui Jajanan Kuliner Sentanan. Selain itu, UMKM Sentanan juga dapat melebarkan jangkauannya, tidak hanya di Kota Mojokerto, nanmun juga di luar Kota Mojokerto.

Bagi mahasiswa, pemberdayaan ini juga diharapkan dapat menjadi bekal untuk selanjutnya lebih memperhatikan UMKM yang ada. UMKM di Indonesia perlu mendapat sorotan yang lebih agar dapat lebih berjaya dan membangun ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

My name is Sherina Pebriany Marpaung. I’m 21st years old now. A Communication student at UPN Veteran Jawa Timur.