//Digital Marketing bagi UMKM

Digital Marketing bagi UMKM

Sosialisasi Digital Marketing bagi UMKM oleh Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara 2021.

 

Digital Marketing bagi UMKM
Fokus : Mahasiswa UPN Jatim sedang memberikan sosialisasi pada pengelola UMKM Ecoprint. Sumber : Instagram @kkn53lemahputro

 

Sidoarjo – Mahasiswa Kelompok 53, KKN Tematik Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur, melakukan sosialisasi digital marketing bagi UMKM. Tepatnya di Dusun Jetis, Kelurahan Lemahputro, Kecamatan Sidoarjo.

Karena, situasi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, serta masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Yang berdampak pada kemajuan sektor UMKM (Usaha Mikro-Kecil-Menengah).  Terutama, UMKM yang masih mengandalkan cara konvensional/nondigital dalam pemasarannya.

Mahasiswa Kelompok 53, KKN Tematik Bela Negara 2021 melakukan kegiatan sosialisasi mengenai digitalisasi bisnis untuk mengembangkan UMKM. Adapun sosialisasinya, dilakukan di Kelurahan Lemahputro pada salah satu UMKM, ”ECOPRINT”.

Untuk memperjelas, UMKM ”ECOPRINT” bergerak dalam bidang  batik. Yang menggunakan bahan dedaunan dan bunga yang berasal dari alam, dan sama sekali tidak menggunakan bahan kimia sintetis.  Produk yang dihasilkan berupa lembaran kain batik dan produk fashion.

Ramah Lingkungan

Hal ini sejalan dengan slogan Back To Nature, sering dikampanyekan pada zaman modern ini karena begitu penting. Yang mempunyai arti, kembali ke yang natural, yang tidak merusak lingkungan. Tentu saja, ini memiliki nilai tambah, produk budaya lokal yang ramah lingkungan. Tetapi, nilai tambah tersebut harus disertai pemasaran yang bagus.

Sebelum, melakukan kegiatan sosialisasi pada UMKM tersebut, perwakilan anggota melakukan survei ke lokasi UMKM. Untuk mengetahui hal apa yang dibutuhkan selain digital marketing guna mengembangkan bisnis UMKM “ECOPRINT”. Kemudian, setelah mendapatkan apa yang dibutuhkan UMKM, dilakukan pengumpulan materi.

Demikian juga seperti platform digital atau e-commerce mana yang dipilih, cara pembuatan dan mengelolanya. Lalu cara foto atau video produk agar produk yang ditawarkan lebih menarik. Tentu saja, ini dilakukan supaya produk yang dipasarkan  tepat sasaran pada konsumen.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan cara, perwakilan Kelompok 53 KKN Tematik Bela Negara 2021 mengunjungi tempat UMKM “ECOPRINT”. Sementara itu, sosialisasi UMKM yang dilakukan, hanya pada salah satu UMKM. Dijelaskan oleh Novita, Mahasiswi KKN Tematik Bela Negara,  “ini dilakukan guna menaati kebijakan pemerintah mengenai PPKM yang diberlakukan pada saat kegiatan KKN.”