//Mural dinding oleh Kelompok 53 KKN Tematik Bela Negara 2021

Mural dinding oleh Kelompok 53 KKN Tematik Bela Negara 2021

Mural tembok kreatif pada KKN Tematik Bela Negara 2021.

gambar mural kkn kel. 53
Perbandingan : Tembok di salah satu sudut Kampung Batik Jetis sebelum dan sesudah digambar. Sumber : Instagram @kkn53lemahputro.

Sidoarjo – Pada tahun 2021 ini, Kelompok 53, Kuliah Kerja Nyata atau KKN Tematik Bela Negara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Mempunyai kegiatan kreatif, yakni membuat mural dinding. Meskipun, saat pembatasan ruang gerak akibat pandemi Covid-19 di Indonesia yang tak kunjung berakhir.

Tentu saja, adanya kegiatan KKN Tematik Bela Negara ini. Diharapkan dapat memberi manfaat sebagai sarana penanggulangan masalah di berbagai sektor akibat pandemi Covid-19.

Demikian pula tema yang diangkat pada KKN tahun 2021 iniyang sesuai dengan keadaan. Yakni “Pengembangan Potensi Pariwisata Lokal dan Penguatan Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Covid-19”.

Sebagai tambahan, Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bela Negara. Khususnya Kelompok 53 melaksanakan program kegiatan yang terletak di Kampung Batik Jetis Sidoarjo.

Mural Sebagai Asah Kreativitas

Kegiatan Mural ini adalah kegiatan mengasah kreatifitas dalam mengolah bidang kosong. Dengan cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen.

Kegiatan ini ditujukan kepada masyarakat Desa di dusun Jetis, kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan, Tujuan dari kegiatan ini agar membantu memperindah desa tersebut serta menarik para wisatawan untuk mengunjungi Kampung Batik Jetis Sidoarjo.

Demikian juga, mural memiliki fungsi berupa memberikan suasana baru di suatu daerah dan juga memberikan visualisasi berupa pesan-pesan tertentu yang hendak disampaikan untuk target masyarakat tertentu.

Misalnya, kata Ariq (penggambar mural), mural dengan tampilan ceria supaya Kampung Batik Jetis lebih berwarna. “Tampilan ceria supaya membuat kampung batik lebih beragam warnanya, sehingga bisa menjadi salah satu spot foto bagi pengunjung.” Imbuh Ariq.

Kemudian, melalui pelaksanaan program kerja Mural ini, mahasiswa KKN dapat melatih kemampuan kreativitas dalam berkarya melalui pembuatan ilustrasi mural.

Karena, terdapat tidak hanya gambaran semata, tetapi sebagai arah jalan yang dapat dilihat oleh masyarakat sekitar yang berlalu lalang di daerah tersebut. “Awalnya tembok lusuh dan penunjuk jalan yang pudar.” Kata Raehan (penggambar mural).

Selain itu, dengan adanya program kerja ini, lahan berupa dinding di salah satu sudut Kampung Batik Jetis tersebut menjadi lebih bermanfaat. Seperti kata Andi (Ketua RT 12 Dusun Jetis), “saya sangat berterimakasih kepada mahasiswa KKN UPN Jatim. Karena memberdayakan dinding untuk dimanfaatkan secara maksimal yang berguna untuk menambah keindahan Kampung Batik Jetis.”

Tahapan Pengerjaan

Kegiatan Mural ini berlangsung selama  kurang lebih 3 hari pengerjaan. Pertama, dimulai dari survei tempat yang akan dijadikan bidang untuk dilukis.

Kedua, penggambaran sketsa mural dan pengajuan desain ke ketua RT setempat hingga persetujuan desain.

Ketiga, meratakan dan memperhalus dinding yang kondisinya kurang bagus dan mulus. Agar mempermudah dalam proses penggambaran dan pengecatan mural pada salah satu sudut dinding kampung batik jetis

Keempat, melakukan pengecatan pada dinding, dengan warna dasar warna putih.

Kelima, menggambar tembok yang telah dicat putih, menggunakan pensil. Ini sebagai penanda bagian tembok mana yang akan dilukis

Yang terakhir, mewarnai gambaran dari pensil menggunakan cat, hingga mural selesai tergambar sesuai dengan desain yang telah disetujui oleh kedua pihak.