//Antisipasi Budaya Syirik Di Masa Kini

Antisipasi Budaya Syirik Di Masa Kini

Suasana Masjid SYARIFUDDIN, Leces

Sidoarjo – Budaya memang salah satu hal yang harus dijaga dan dilestariakan oleh generasi penerus bangsa. Saat ini generasi muda sudah mulai terkecoh oleh budaya asing yang membuat budaya lokal menjadi tergeser. Tentu budaya jika dipikir secara akal sehat dan digabungkan dengan sudut pandang dari Agama. Bisa dibagi menjadi dua yaitu budaya yang baik dan buruk.

Saat ini, Indonesia sangat menghargai warisan budaya dari nenek moyang yang secara turun menurun dilestarikan oleh generasi penerus meskipun akan tergerus oleh globalisasi dari budaya luar. Generasi muda disibukkan dengan urusan duniawi yang belum tentu bisa membimbing untuk lebih dekat kepada sang pencipta.

Banyak sekali budaya yang melenceng dari ajaran Islam dan tidak sesuai dengan ajaran Islam itu sendiri. Banyak sekali budaya Syirik yang melenceng dari ajaran Islam, tetapi masyarakat belum menyadari atau pun membedakan yang baik dan yang buruk.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik kepada-nya dan Dia  akan mengampuni dosa lainnya yang berada di bawah tingkatannya bagi siapa saja yang dikehendaki oleh-Nya.” (QS. An Nissa’ : 116)

Praktek-praktek budaya spiritual yang melenceng dari ajaran Agama memang masih bayak beroperasi dan menjadi rahasia umum. Banyak orang tertipu dengan jasa yang menjajikan kesenangan dunia itu, padahal justru menyalahi ajaran Agama yang dianut dari orang itu sendiri.

Kasus praktek spiritual sudah banyak memakan korban. Dengan cara memperdaya sasarannya akan dijanjikan kebahagiaan duniawai. Dukun cabul, babi ngepet hoax dan kasus-kasus yang berasal dari orang yang tidak bertanggung jawab sudah banyak terjadi di masyarakat.

Antisipasi yang harus dilakukan masyarakat dengan cara menekankan ajaran agama masing-masing dan percaya kepada Allah SWT. Generasi muda saat ini yang masih rentan terombang ambing oleh dunia penuh tipu-tipu harus diarahkan kejalan kebenaran. Ajaran sesuai Agama yang ada di negara Indonesia Indonesia itu sendiri.

Sarana kajian dakwah saat ini semakin maju dan bisa dinikmati atau pun dicermati melewati kanal internet, salah satunya yang paling populer dakwah melewati media social youtube. Dakwah lewat youtube ini tentu membawa efek positif bagi generasi muda maupun tua.