//Dampak Game Pada Generasi Muda

Dampak Game Pada Generasi Muda

Team RRQ Hoshi

Sidoarjo – Perkembangan dunia game saat ini memang pesat dan menyebar luas. Generasi muda menjadi konsumen pengguna aplikasi game online saat ini.

Hampir semua anak muda mempunyai game di smartphone mereka. Mulai dari anak 10 tahun hingga dewasa mengisi waktu mereka dengan bermain game.

Pandemi COVID19 Saat ini cukup berdampak pada naiknya angka peminta game, karena imbas dari aktifitas yang dilakukan di rumah.

Dampak yang ditimbulkan juga sangat beragam, baik positif maupun negatif akan pasti ada dan sangat berpengaruh dari pengguna game online itu sendiri.

Di Indonesia sendiri banyak kasus tentang game yang berdampak buruk bagi anak usia dibawah 12 Tahun. Beberapa kasus tentang motorik dan stres yang di alami anak sangat memprihatinkan.

Dampak positif justru banyak diterima oleh pengguna game online pada usia 13 – 20 tahun. Faktor yang mendukung dampak positif itu karena kesadaran dan kedewasaan pada para pengguna game online.

Masa-masa remaja adalah transisi dari anak-anak menuju dewasa, dimana proses kedewasaan muncul dan bisa menyikapi sesuatu hal yang baik dan buruk.

Game online mengalami revolusi atau kemajuan seiring berkembangnya teknologi smartphone dan didukung oleh Internet yang memberikan jalan kemudahan bagi masyarakat. Jenis-jenis game juga mulai bermunculan dan berkembang menjadi beberapa jenis atau era yang berbeda.

Moba dan Battle Royal saat ini sangat digemari oleh para player game online karena tingkat keseruan yang dialami cukup membuat terkesan.

Esport merupakan suatu tim yang mempunyai tujuan untuk memenangkan suatu kompetisi dengan game sebagai sarananya. Saat ini banyak sekali turnamen yang ada guna meningkatkan kualitas dan daya saing untuk bersaing dengan tim global.

Tentu Indonesia saat ini memiliki beberapa tim esport yang cukup terkenal seperti Boom Esport, Onic Esport, team RRQ dan Tim lainnya. Beberapa kejuaraan di berbagai negara sudah diraih oleh beberapa tim asal Indonesia ini dan cukup membuat bangga.