//Transformasi Digital Pendidikan dan Kesehatan Kunci Pertumbuhan Bangsa

Transformasi Digital Pendidikan dan Kesehatan Kunci Pertumbuhan Bangsa

JawaPos.com – Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas telah berjalan di kawasan PPKM level 1 sampai 3. Meskipun begitu, pandemi tetap memaksa sebagian besar sekolah melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Keadaan ini tidak menghambat institusi pendidikan untuk terus berjalan dan beradaptasi. Plt Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) I Nyoman Adhiarna mengatakan, penyesuaian pada masa ini bukan hanya peran siswa dan orang tua, tetapi juga guru dan stakeholder pendidikan lainnya.

Seluruh elemen masyarakat juga perlu melakukan akselerasi pada pemanfaatan teknologi digital. Khususnya dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

“Transformasi digital di sektor pendidikan dan kesehatan merupakan kunci pertumbuhan perkembangan kegiatan ekonomi di masa mendatang. Bila dicermati, sektor pendidikan merupakan salah satu yang paling mudah untuk terdigitalisasi,” kata dia, Selasa (31/8).

Menurutnya, tantangan yang saat ini dihadapi adalah bagaimana mendorong digitalisasi di satuan pendidikan dapat merata di seluruh Indonesia. Untuk itu, perlu ada pelatihan kepasa guru agar semakin familiar dalam memanfaatkan teknologi.

“Pelatihan Guru Inspiratif yang dijalankan bersama Pahamify ini menjadi salah satu upaya kami untuk mewujudkan hal tersebut,” ujarnya.

Sementara iut, Chief Product Officer Pahamify, Mohammad Ikhsan menuturkan bahwa pelatihan ini mengajak guru untuk memaksimalkan pemanfaatan fitur-fitur platform digital dalam proses belajar mengajar. Hal ini, kata dia dapat memberikan nilai tambah secara langsung bagi pendidikan di Indonesia.

“Kami berharap rangkaian kegiatan ini dapat memperluas wawasan dan pengalaman guru sehingga semakin mumpuni dalam mengajar secara efektif dan efisien di tengah pandemi Covid-19,” tandasnya.