//P2G Duga Pembukaan Sekolah untuk Laksanakan AN

P2G Duga Pembukaan Sekolah untuk Laksanakan AN

JawaPos.com – Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menilai, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memiliki maksud lain dalam mendorong segera terlaksananya pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Salah satunya adalah demi terselenggaranya Asesmen Nasional (AN) yang dilakukan September ini.

“Makanya saya melihat kenapa Kemendikbud bersikukuh sekolah agar dibuka, ini dugaan kami, ini dalam rangka menyiapkan AN,” ujar Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim kepada JawaPos.com, Rabu (1/9).

Padahal ini masih ditengah kondisi wabah yang belum total terkendali. Sekolah pun diminta agar tetap memperhatikan kondisi serta kesiapan dalam melaksanakan PTM.

“Jangan sampai sekolah memaksa buka agar tidak tertinggal untuk asesmen nasional,” tuturnya.

Ia melihat bahwa sekolah tidak ingin tertinggal dengan sekolah lain, pasalnya ini akan menjadi event nasional. Mereka akan mempersiapkan sebaik mungkin agar terlihat baik, namun tidak mempertimbangkan masalah kesehatan.

“Jangan gara-gara sekolah ingin mengikuti asesmen nasional, mereka tanpa menyiapkan vaksinasi yang belum lengkap, sarpras tidak memadai, guru tidak dilatih,” kata Satriwan.

“Demi AN, malah merugikan anak dua kali, pertama beban psikologi, lalu juga jadi klaster,” pungkasnya.