//Siapkan Calon Mahasiswa Hadapi UTBK, Ruangguru Gelar Program Pelatnas
Siapkan Calon Mahasiswa Hadapi UTBK, Ruangguru Gelar Program Pelatnas

Siapkan Calon Mahasiswa Hadapi UTBK, Ruangguru Gelar Program Pelatnas

JawaPos.com – Pendidikan tinggi merupakan salah satu faktor penting yang dapat menjadi penentu masa depan seseorang. Kesadaran ini pun mendorong banyak pelajar Indonesia untuk berjuang semaksimal mungkin agar bisa diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) impian.

Adapun, jalur favorit calon mahaswa selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN). Proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2022 untuk jalur tersebut dibuka pada 14 Februari-17 Maret 2022.

VP Marketing Ruangguru Ignatius Untung Surapati pun menuturkan bahwa PTN masih menjadi pilihan pendidikan tinggi utama bagi banyak pelajar Indonesia, bukan hanya karena akreditasi yang baik, namun juga karena biaya pendidikan yang relatif lebih terjangkau.

“Kita melihat alasan orang ngejar PTN karena biaya, lebih bersahabat karena milik pemerintah, kualitas standar juga terjaga,” ungkap dia dalam Media Gathering Peluncuran #PelatnasUTBK, Program
Holistik Persiapan UTBK, Selasa (11/1).

Akan tetapi, karena persaingan yang ketat, banyak dari mereka yang tidak lolos. Hal ini pun mendorong Ruangguru untuk menciptakan program holistik guna mempersiapkan calon mahasiswa sukses menghadapi UTBK, yaitu Pelatnas UTBK.

“Mempersiapkan UTBK itu tidak bisa cuma ngomong, perlu persiapan lain. Makanya ketika UTBK, kita melihat tidak cukup sebenarnya UTBK latihan soal dan try out saja, tapi juga perlu jaga motivasi,” ungkap dia.

Ditambah lagi, kata Untung, pelajar cenderung mengalami tekanan yang cukup berat saat persiapan UTBK. Selain kompetisi yang ketat, pelajar juga harus menghadapi soal-soal yang kompleks mencakup materi dari kelas 10-12 serta waktu persiapan yang terbatas, hanya tiga bulan lagi untuk menguasai seluruh materi tersebut.

Sementara itu, Psikolog Anak dan Remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo menuturkan, dalam menghadapi tuntutan dan situasi dengan tingkat stres yang relatif tinggi ini dapat menyebabkan turunnya motivasi belajar, sehingga penyerapan informasi pun menjadi tidak optimal karena kelelahan otak. Maka, dalam persiapan UTBK, penting juga untuk membangun situasi belajar yang menyenangkan dan suportif untuk pelajar.

“Kondisi emosional yang baik akan membantu pelajar mengatasi tekanan dan belajar dengan lebih efektif, serta mampu menguasai Higher Order of Thinking Skill (HOTS), yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi kemampuan analisis dan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah,” tuturnya.

Terkait dengan program #PelatnasUTBK, ini merupakan program pengasahan kemampuan teknis pelajar dalam mengerjakan soal UTBK. Berbagai turunan dari program pertamanya antara lain:

1. UTBK Center: Satu tempat dalam aplikasi Ruangguru untuk semua persiapan terkait UTBK 2022, mulai dari countdown, materi belajar khusus UTBK, banksoal, tryout UTBK, tes minat bakat, serta berbagai info terkini seputar UTBK dan PTN.
2. UTBK Experts: Rangkaian acara live streaming melalui Brain Academy Online yang mengupas dan membahas soal UTBK bersama Star Master Teacher.
3. Kitab UTBK: Modul e-book berisi panduan lengkap menghadapi UTBK yang dapat diunduh secara gratis. Modul ini berisi materi UTBK yang sering muncul, strategi menghadapi UTBK, rencana belajar UTBK, dan masih banyak lagi.
4. Latihan Soal Harian: Setiap hari, pelajar akan menerima latihan soal sekaligus pembahasan melalui grup Telegram.

Bagian kedua program #PelatnasUTBK adalah program kesiapan mental untuk membangun dan menjaga motivasi serta konsistensi belajar dalam mempersiapkan diri menuju UTBK melalui serangkaian dukungan holistik, yakni:

1. UTBK Experts-Special Series: Rangkaian acara online yang akan membahas tentang cara menjaga motivasi belajar tetap tinggi, strategi belajar yang lebih efektif, dan berbagai topik relevan lainnya.
2. Sesi tanya jawab bersama Pendiri Ruangguru: Sesi eksklusif bersama Iman Usman dan Belva Devara untuk berdiskusi seputar persiapan, pengalaman, strategi, serta tips untuk meraih kampus impian.
3. Webinar bersama Psikolog: Sesi webinar bersama psikolog profesional terkait kesiapan mental dan konsistensi dalam menghadapi UTBK. Untuk paket berbayar, pelajar terpilih juga akan mendapat kesempatan mengikuti sesi pelatihan eksklusif.
4. Festival Cita-Cita: Rangkaian sesi webinar yang diisi oleh para profesional di bidangnya, mencakup beragam jenis pekerjaan untuk membuka pandangan dan memberi pengetahuan bagi pelajar dalam menentukan jurusan dan karir mereka di masa depan.
5. Sesi motivasi mingguan: Pembahasan mengenai motivasi untuk bisa membangun dan menjaga mental yang kuat untuk menghadapi UTBK.
6. Pelatihan Habit-forming: Sesi pelatihan yang dirancang untuk membentuk kebiasaan belajar yang konsisten dan efektif.
7. Weekly Challenge: Berbagai challenge dengan hadiah menarik yang akan diadakan tiap periode tertentu untuk meningkatkan semangat belajar pelajar.

“Jangan kalah sebelum perang, maka dari itu ada beberapa program yg ditambahkan, kita siapkan mereka pengetahuan, Pelatnas itu kan didampingi, butuh waktu untuk menyerap, kita lakukan pendampingan agar memiliki kebiasaan belajar,” tandas Untung.