//Universitas Mercu Buana Gelar Pelatihan Presentasi Konten Video dengan Sparkol Videocribe
Universitas Mercu Buana Gelar Pelatihan Presentasi Konten Video dengan Sparkol Videocribe

Universitas Mercu Buana Gelar Pelatihan Presentasi Konten Video dengan Sparkol Videocribe

Pelatihan untuk guru di Jakbar ini bentuk pengabdian untuk masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pada masa pandemi Covid 19 saat ini kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dilaksanakan secara daring, hal ini didasari pada Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III No. 2207/LL3/PT/2020 tertanggal 15 Juni 2020. Maka salah satu pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Tahun Ajaran 2021-2022 yang diadakan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Mercu Buana berjudul Pembuatan Presentasi Konten Video Dengan Sparkol VideoScribe untuk Guru Wilayah Jakarta Barat juga diadakan secara daring.

“Adapun pelaksanaan ini diselenggarakan oleh Universitas Mercu Buana bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta Barat. Waktu penyelenggaraan acara ini pada tanggal 12 Januari 2022,” kata Dekan Fasilkom Universitas Mercu Buana Yaya Sudarya Triatna Phd dalam siaran persnya, Jumat (14/1/2022).

Pelaksanaan ini diikuti oleh sekitar 100 peserta terdiri dari guru dan tenaga pendidik, Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fasilkom Universitas Mercu Buana Yaya Sudarya Triatna Phd, Kaprodi Sistem informasi Universitas Mercu Buana Ratna Mutu Manikam., MT, ketua PPMP Universitas Mercu Buana Ibu Dr. Ir. Sawarni Hasibuan, MT dan kepala pusat P2KPTK2 Jakarta Barat Bapak Riza Manfaluthfi.

Seperti diketahui, Video scribe Sparkol merupakan video animasi tangan yang membuat sebuah gambar. Gambar-gambar ini akan dirangkai membentuk suatu rangkaian cerita dalam bentuk video. Video scribe Sparkol bisa digunakan untuk membuat media belajar mengajar. Videoscribe Sparkol ini dapat dijalankan di PC Windows / Mac atau di HP android / Iphone.

Materi Pembuatan Presentasi Konten Video Dengan Sparkol VideoScribe Untuk Guru Wilayah Jakarta Barat diberikan oleh Umniy Salamah ST., MMSI sebagai narasumber. Materi yang disampaikan berbentuk penyampaian pengenalan materi, cara mendownload dan menginstal Sparkol Videoscribe di PC, menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan video animasi tangan di PC menggunakan Videoscribe Sparkol dan mendemokan hasil yang sudah dijelaskan.

Walaupun aktifitas kegiatan Pengadian Kepada Masyarakat dilakukan secara daring yang dipandu oleh Bapak Andi Nugroho, ST., M. Kom sebagai moderator, akan tetapi  pertanyaan senantiasa ramai diajukan oleh peserta sehingga membuat acara ini lebih menarik.. Narasumber  juga memberikan jawaban yang cukup jelas kepada peserta yang bertanya dimana hal tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan wawasan guru-guru mengenai video animasi tangan menggunakan Video Scribe Sparkol. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para guru dapat lebih berkreatifitas dalam mengemas bentuk pengajaran yang berbentuk daring.