//Berikut Alur Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2022

Berikut Alur Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2022

JawaPos.com –  Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 dibuka pada hari ini pukul 15.00 WIB. Pendaftaran SNMPTN dibuka mulai 14 hingga 28 Februari 2022.

Manager SNMPTN 2022, Riza Satria Perdana mengatakan bahwa terdapat empat tahap pendaftaran SNMPTN 2022. “Pengisian pilihan masuk perguruan tinggi mana dan prodi apa, kedua portofolio, ketiga prestasi, dan terakhir finalisasi,” ujar dia secara daring, Senin (14/2).

Calon peserta dapat masuk melalui website snmptn.ltmpt.ac.id dengan mengisi email dan kata sandi yang digunakan saat membuat akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Untuk tahap ini, hanya siswa eligible lah yang dapat membuat akun.

“Yang bisa masuk, yang boleh login itu siswa yg dinyatakan eligible oleh sekolah dan sekolah sudah melakukan finalisasi. Siswa juga harus sudah punya dan permanenkan akun LTMPT,” seru dia.

Setelah login, akan tampak profil siswa yang berisikan informasi nama siswa dan asal sekolah. Kemudian, para peserta juga dapat segera memilih PTN dan program studi (prodi) yang dituju. “Ada prodi yang barisnya dihitamkan, artinya prodi itu tidak boleh dipilih karena lulusan sekolah tidak sesuai dengan prodi,” tambahnya.

Mereka juga dapat memilih dua prodi, dengan catatan satu prodi yang dipilih merupakan perguruan tinggi yang satu provinsi dengan asal sekolah. Apabila hanya memilih satu, maka dibebaskan untuk bebas memilih perguruan tinggi.