//Perpustakaan Unisba Raih Akreditasi A

Perpustakaan Unisba Raih Akreditasi A

Akreditasi A berlaku hingga 2027

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — UPT Perpustakaan Unisba berhasil meraih Akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan-Nasional (LAP-N), Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Hal ini tertuang dalam Surat Perpustakaan Nasional Nomor 1836/4.1/PPM.02/IV.2022 dan Sertifikat Akreditasi Nomor 1070/1/PPM.02/IV.2022. Status akreditasi ini berlaku mulai tanggal 1 April 2022 sampai dengan 1 April 2027.

Akreditasi lapangan dilaksanakan pada 26 Maret 2022 melalui visitasi online, dengan Tim Asesor terdiri dari Drs Supriyanto M.Si, yang juga menjabat Direktur Standarisasi dan Akreditasi Direktorat Standarisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional, Dra Sri Sularsih M.Si, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia periode 2010-2016, Dra Adriati M.Hum, beserta pendamping Drs Asta Budi Raharjo.

‘’Alhamdulillahirobbil’alamiin atas kehendak Allah Swt, UPT Perpustakaan dapat mempertahankan akreditasi dengan nilai A,’’ ujar Kepala UPT Perpustakaan Unisba Arief D Tresnawan Drs M.M.Pd, belum lama ini. Kata dia, raihan ini ini merupakan kolektif prestasi mulai dari dukungan pimpinan, rektor, wakil rektor, khususnya wakil rektor I.

Tidak lupa juga, sebut dia, akreditasi A diraih berkat kekompakan para pustakawan dan seluruh staf perpustakaan, yang telah mempersiapkan berbagai dokumen yang diperlukan dengan baik. Akreditasi A UPT Perpustakaan diraih setelah berhasil menunjukkan kesesuaian antara dokumen yang disusun dengan Standard Akreditasi Perpustakaan.

Menurut Arief, Standar Akreditasi Perpustakaan terdiri dari enam komponen. Yakni komponen koleksi, komponen sarana dan prasarana, komponen pelayanan perpustakaan, komponen tenaga perpustakaan, komponen penyelenggaraan dan pengelolaan, serta komponen penguatan kinerja.

Dengan diraihnya akreditasi A, sambung dia, mudah-mudahan menjadi penyemangat bagi seluruh staf perpustakaan, khususnya dalam memberikan layanan terbaiknya kepada sivitas akademika Unisba. ‘’Prestasi ini juga menjadi sarana dalam pengembangan UPT Perpustakaan secara berkelanjutan,” tandasnya.