//FAH UIN Ar-Raniry Gelar Workshop Pengajuan Indeksasi Jurnal

FAH UIN Ar-Raniry Gelar Workshop Pengajuan Indeksasi Jurnal

Indeksasi jurnal berguna untuk sebaran tulisan secara nasional dan internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH – Fakultas Adab dan Humaniora (FAH)  Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan Workshop Penguatan Pengelolaan Jurnal, Kamis (2/6) di RK 14 Gedung B fakultas tersebut.

Pelatihan yang diikuti oleh pengelola jurnal di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh menghadirkan narasumber dan instruktur tunggal Muhammad Ridwan Harahap MSi selaku Editor in Chief Jurnal Elkawnie FST UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry, Dr Phill Abdul Manan MSc MA menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan   sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas terbitan jurnal di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh agar dapat terakreditasi di Sinta.

“Kegiatan workshop ini diikuti oleh pengelola jurnal Adabiya dan 3 jurnal prodi. Harapannya, melalui workshop ini jurnal prodi di lingkungan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh bisa mengajukan proses akreditasi, karena di FAH hanya Jurnal Adabiya yang sudah terakreditasi,” kata Abdul Manan, Kamis (2/6) seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Pada pertemuan ini, kata Abdul Manan, pihaknya fokus pada evaluasi jurnal di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Indeksasi Jurnal.

Sementara itu, dalam materinya Muhammad Ridwan Harahap MSi menjelaskan bahwa indeksasi jurnal berguna untuk sebaran tulisan sehingga dapat dilihat secara luas baik nasional dan internasional.

Selain itu, kata Editor in Chief Jurnal Elkawnie FST UIN Ar-Raniry Banda Aceh,  indeksasi juga merupakan keharusan dalam proses pendaftaran Akreditasi Jurnal Nasional (Arjuna) untuk mendapatkan peringkat Sinta. “Indeksasi yang mudah didaftarkan seperti google scholar, moraref, portal garuda dan lainnya,”  kata Ridwan Harahap.

Sedangkan untuk Scopus, Doaj dan Web of Sciences (WoS) memerlukan pengisian form aplikasi yang harus diisi berdasarkan standar dari masing-masing lembaga pengindeks tersebut.

Untuk diketahui, saat ini Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh memiliki empat jurnal. Yakni,  Jurnal Adabiya, Jurnal Prodi SKI (IJIHC: Indonesian Journal of Islamic History and Culture), Jurnal Prodi BSA (An-Nahdah Al-‘Arabiyah) dan Jurnal Prodi Ilmu Perpustakaan (IJLIS: Indonesian Journal of Library and Information Science).