//Pondok Inspirasi Luncurkan Program Karier Paket Lengkap ‘Mega Career Journey’

Pondok Inspirasi Luncurkan Program Karier Paket Lengkap ‘Mega Career Journey’

Program itu untuk menjawab tantangan dunia kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Survei yang dilakukan oleh layanan pendidikan Prospects dan Jisc di Inggris tahun 2021 diketahui sebanyak 45 persen dari tujuh ribu mahasiswa mengaku tidak siap kerja. Diperparah lagi sebanyak 38 persen mengatakan tidak yakin dengan masa depannya.

Data  Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2022 menunjukkan tingkat pengangguran Indonesia tercatat sebesar 5,83 persen dari total penduduk usia kerja sejumlah 208,54 juta orang. Faktanya, dari 5,83 persen tersebut hampir 14 persen adalah penduduk lulusan jenjang diploma dan sarjana (S1). Hal ini menjadi alasan untuk semua saling menguatkan diri dan berkolaborasi untuk sama-sama meningkatkan kualitas lulusan yang tidak hanya dilakukan oleh pemerintah dan perguruan tinggi.

Pondok Inspirasi sebagai salah satu yayasan sosial pendidikan turut meningkatkan kualitas mahasiswa melalui Mega Career Journey. “Mega Career Journey ini sudah tahun kedua kami laksanakan. Alhamdulillah memberikan pengaruh kepada mahasiswa. Sudah ada beberapa lulusan program MCJ yang magang dan kerja di perusahaan besar,”  tutur Agus Harianto,  ketua Pondok Inspirasi dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (27/6).

Mega Career Journey merupakan rangkaian program peningkatan kualitas mahasiswa dengan durasi tujuh bulan dengan rangkaian webinar pendidikan, coaching career, career planning, Young Professional Readiness Program, mentoring, dan  internship. Sebelumnya, pada  April 2022 Pondok Inspirasi mengadakan webinar pendidikan dan kerja dengan mendatangkan narasumber dari PT Astra International Tbk, LinkedIn, PT Paragon Technology and Innovation, Fuji Shepherd & Associates Australia dan Kementerian Sekretariat Negara. Saat ini memasuki rangkaian coaching career yang dimulai sejak 25 Juni 2022. 

Sebanyak 150 coaches dari berbagai perusahaan atau lembaga dan 500 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi mengikuti program coaching career yang diselenggarakan oleh Pondok Inspirasi. Program coaching career berlangsung hingga bulan Juli 2022. Mahasiswa mendapatkan dua kali sesi coaching oleh coach.

“Kunci sukses itu passion. Jadikan setiap acara atau momen itu meaningful,” papar Salman Subakat CEO PT Paragon Technology and Innovation dalam sambutannya mewakili pembina Pondok Inspirasi, Sabtu (25/6). Selain itu Salman juga mengucapkan terimakasih atas kolaborasi ini bersama 150 coaches. “Leader itu mau (humility), membuat hal-hal biasa menjadi luar biasa untuk coachee-nya”, tambahnya.

Coaching career juga dihadiri oleh narasumber di antaranya Rico Juni Artanto (founder Pondok Inspirasi), Mario Kristiono (Product Innovation Group Head PT Paragon Technology and Innovation), dan Linda Fitria dari Yayasan Badak Indonesia. Dalam sesinya, Linda menyampaikan kepada anak muda – anak muda Indonesia khususnya yang akan lulus ataupun baru lulus agar tidak galau terkait masalah karir kedepannya. “Mulailah dengan hal-hal kecil yang membuatmu senang atau bahagia”, paparnya. 

Sementara itu  Rico juga memaparkan versinya selama berkarir hingga saat ini. Bagi Rico, value menjadi penting dalam meniti karir. “Bukan soal di mana kita kerja atau angka yang kita dapatkan, justru value menjadi hal penting dalam karir saya,”  ungkapnya.

Di akhir sesi, Mario Kristiono menambahkan rasa syukur sebagai modal utamanya dalam melakukan apapun utamanya di jenjang karir. “Setiap kita melakukan suatu hal yang terpenting adalah selalu bersyukur dan menikmati apa yang sedang kita lakukan dan apa yang sudah kita miliki saat ini,”  tambahnya.

Coaching career menjadi modal awal mahasiswa untuk menemukan potensinya sebelum mahasiswa benar-benar memilih dimana mereka akan bekerja. Teknik coaching menjadi beda karena coach akan asking dan sama sekali tidak telling.

“Kolaborasi yang sangat bagus. Menjadikan Mega Career Journey sebagai tempat belajar bersama sekaligus mengantarkan mahasiswa ke jenjang karir pilihannya tidak hanya melalui teaching, mentoring tapi juga coaching career,”  kata Amelia Hirawan,  Country Leader Points of You Indonesia dalam sambutannya.

Pondok Inspirasi merupakan organisasi sosial pendidikan dan kepemudaan berdomisili di Bogor yang diinisiasi oleh alumni IPB University sejak 2013. Dalam rangka menjadi talent pool mahasiswa, Pondok Inspirasi meluncurkan Mega Career Journey berkolaborasi dengan PT Paragon Technology and Innovation, Points of You, PT Humandaya Profesi Indonesia, dan Fuji Shepherd & Associates Australia. 

TAGS: