//Tiga Hari, IPB University Gelar SMM PTN-Barat

Tiga Hari, IPB University Gelar SMM PTN-Barat

Seleksi dilaksanakan 12-14 Juli 2022, pengumuman hasil 18 Juli 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Pasal 3 ayat 1 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2020 menegaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selain dilakukan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dapat juga dilakukan melalui jalur lainnya yang diselenggarakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi. Para tahun 2022, para rektor dari 25 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat (BKS PTN-Barat) telah sepakat untuk menyelenggarakan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi jalur secara bersama yang dinamakan SMM PTN-Barat 2022.

PTN yang ikut dalam penyelenggaraan SMM PTN-Barat 2022 adalah IPB University, Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (UNIB), Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Universitas Palangka Raya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (Itera), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Samudra (Unsam), Universitas Riau (UNRI), Universitas Siliwangi (Unsil), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Tanjungpura (Untan), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau), Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN Batusangkar) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Prof Drajat Martianto mengatakan, “Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SMM PTN-Barat yang berlokasi di Kampus IPB Dramaga dilaksanakan pada 12-14 Juli 2022 dengan jumlah total peserta ujian  sebanyak 727 orang.”

Asisten Direktur Penerimaan dan Registrasi Mahasiswa Baru, IPB University, Dr Utami Dyah Syafitri menambahkan, sebelum ujian, peserta diharapkan bisa mengunduh Tata Tertib Ujian SMMPTN-Barat 2022. “Tata Tertib bagi peserta UTBK SMM PTN-Barat 2022 dibagi dalam tiga bagian. Yaitu sebelum ujian dimulai, selama ujian berlangsung dan setelah ujian selesai,” kata Dr Utami dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (12/7/2022).

Adapun jenis ujiannya, lanjutnya, dibagi menjadi dua. Yaitu Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi). Sementara Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

“Pelaksanaan UTBK SMM PTN-Barat 2022 di IPB University diselenggarakan dengan menyesuaikan aturan dan protokol kesehatan Covid- 19 dari Kementerian Kesehatan dan rekomendasi dari gugus Covid-19 IPB University,” ujarnya. Dikatakannya, pengumuman hasil tes akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2022 pukul 16.00 WIB dan dapat diakses melalui laman utama: http://pengumuman.smmptnbarat.id.