//Ukir Karya Monumental, UGM Abadikan Nama Prof Roosseno

Ukir Karya Monumental, UGM Abadikan Nama Prof Roosseno

JawaPos.com – Untuk mengenang jasa dan karyanya yang monumental, Fakultas Teknik (FT) Universitas Gajah Mada (UGM) mengabadikan nama Prof Roosseno Soerjohadikoesoemo. Nama guru besar yang juga dikenal sebagai ‘Bapak Beton Indonesia’ itu, diabadikan menjadi nama gedung Smart and Green Learning Center (SGLC).

Peresmian penggunaan nama Prof Roosseno itu dihadiri langsung Plt Dirjen Dikti Ristek Kemendikbudristek Nizam, yang juga mantan Dekan FT UGM. “Sebagai simbol FT-UGM, gedung ini nantinya akan difungsikan, selain sebagai pusat layanan pendidikan,” kata Nizam dalam keterangannya Kamis (4/8).

Selain itu gedung Prof Roosseno nantinya juga digunakan untuk penelitian dan inovasi. Serta menjadi sarana pendukung dalam merumuskan berbagai kebijakan strategis untuk memajukan bangsa dan negara.

Pihak keluarga Prof Roosseno menyampaikan rasa syukur atas pengabadian nama tersebut. Cyril Noerhadi selaku cucu Prof Roosseno mengatakan, mereka merasa terhormat atas penamanaan gedung Prof Roosseno tersebut.

“Dengan disematkannya nama beliau pada Ikon baru ini, dapat menjadi semangat bagi seluruh sivitas akademika dalam mendedikasikan ilmu dan pengetahuan untuk membangun tanah air,” kata Cyril.

Dia mengatakan meskipun raga Prof Roosseno tidak bersama keluarga besar UGM lagi, tetapi gagasan dan pemikirannya terus menjadi inspirasi. “Atas nama keluarga besar, saya mengucapkan terima kasih kepada FT-UGM yang senantiasa memberi perhatian, penghargaan sekaligus mengenang jasa beliau semasa hidup,” jelasnya.