//Prodi PG-PAUD Unisba Gelar Olimpiade Nasional 2022

Prodi PG-PAUD Unisba Gelar Olimpiade Nasional 2022

Melalui olimpiade, tenaga pendidik akan terus berinovasi dan meningkatkan kapasitas. 

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Prodi PG-PAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung (FTK Unisba) menggelar kegiatan rutin tahunan, Olimpiade PG-PAUD Unisba 2022. Kegiatan ini dalam rangka mengembangkan inovasi dalam pembelajaran bagi PAUD.

Menurut Ketua Pelaksana Olimpiade PG PAUD Unisba 2022, Dewi Mulyani, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan kapasitas pendidik dan calon pendidik PAUD melalui kompetisi dan kreasi.

Olimpiade Nasional ini mengangkat tema “Pendidikan Terbaik bagi Anak Usia Dini untuk Generasi Sejahtera dan Bahagia. Kegiatan bermitra dengan Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dan Universitas IKIP Siliwangi. Pelaksanaan Olimpiade ini terdiri atas tiga ajang lomba. 

Dewi menjelaskan, petandingan yang dilombakan antara lain, pertama, Lomba Film atau Video Pembelajaran Karakter bagi Guru PAUD dan Mahasiswa PG-PAUD/PG-RA/PIAUD Tingkat Nasional. Kedua, Tari Kaulinan Barudak (Tari Permainan Tradisional bagi Anak) bagi Guru PAUD dan Mahasiswa PG-PAUD/PG-RA/PIAUD Tingkat Nasional. Ketiga, Gerak dan Lagu bagi Guru PAUD dan Mahasiswa PG-PAUD/PG-RA/PIAUD Tingkat Nasional.

“Kami berharap kegiatan Olimpiade Nasional PG-PAUD Unisba 2022 ini dapat mendorong para penggiat PAUD, baik guru dan mahasiswa untuk terus berinovasi dan meningkatkan kapasitas diri sebagai pendidik dan calon pendidik anak usia dini”, ujar Dewi belum lama ini.

Sementara menurut Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Unisba, Aep Saepudin, pihaknya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada mitra lomba, seluruh panitia penyelenggara, dan peserta yang semangat mengikuti lomba. “Semoga Olimpiade PG-PAUD tahun depan bisa luas lagi mitranya gingga ke luar negeri dan hasilnya menjadi karya yang manfaatnya terasa bagi pendidikan anak usia dini,” katanya.

Aep mengatakan, sebagai penggerak di garda terdepan dalam Pendidikan Anak Usia Dini, para Guru PAUD dan Mahasiswa PG-PAUD diharapkan lebih semangat untuk selalu berinovasi dan mengembangkan kapasitas diri sebagai guru bangsa. 

Ketua Bidang Studi PG-PAUD Unisba, Ayi Sobarna mengatakan, dalam perkembangan pendidikan anak usia dini di era digital diharapkan Guru PAUD dan Mahasiswa selalu semangat berkarya dan berinovasi guna kemajuan PAUD. 

“Selamat bagi yang sudah menjadi juara dan bagi yang belum juara untuk selau semangat berinovasi dan berkarya,” katanya.

Semua Peserta Olimpiade Nasional PG-PAUD Unisba 2022 sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Salah satu peserta, Salwadya, merasa sangat senang dapat mengikuti kegiatan ini. 

“Alhamdulillah, kerja kerasanya berlatih membuahkan hasil menjadi salah satu pemenang. Menjadi semakin semangat unyuk berkarya kembali”, ujar Salwadya.

Senada dengan Salwadya, menurut peserta yang lain, Nadzira, kegiatan ini selain ajang kompetisi, juga sebagai kesempatan mengembangkan kapasitas diri.