//Atur Pola Pikir Mahasiswa Baru Jadi Entrepreneur Lewat SINEMA

Atur Pola Pikir Mahasiswa Baru Jadi Entrepreneur Lewat SINEMA

Jjumlah wirausaha di Indonesia sebanyak 3,47 persen dari total penduduk Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Berdasarkan data, jumlah wirausaha di Indonesia sebanyak 3,47 persen dari total penduduk Indonesia. Jumlah tersebut masih jauh dari jumlah persentase wirausaha di negara maju yakni sebesar 14 persen. Salah satu faktor kurangnya minat masyarakat untuk menjadi wirausaha adalah pola pikirnya yang lebih suka bekerja sebagai karyawan. Jumlah pencari kerja yang lebih banyak dari jumlah lapangan kerja membuat jumlah pengangguran semakin banyak.

Untuk mengubah pola pikir mahasiswa baru (maba) Universitas Nusa Mandiri (UNM) melalui lembaga Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) akan menggelar Seminar Generasi Mandiri (SINEMA) yang mengambil tema “Set Up Your Mind to be Entrepreneur”. Kegiatan SINEMA akan digelar pada Sabtu (10/9/2022) di Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Margonda dengan narasumber Maruloh selaku Kepala Bagian NEC dan moderator, Zavira Aldayani Putri.

Maruloh mengatakan, lewat SINEMA, NEC mencoba untuk mengubah pola pikir maba UNM agar bukan hanya bekerja menjadi cita-cita mereka, tetapi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan berbisnis.

“Dengan pola pikir yang lebih terbuka, diharapkan mahasiswa menjadikan ‘Bekerja’ bukan lagi menjadi tujuan akhir dari perkuliahan. Namun, ada hal lain yang bisa dilakukan selain bekerja sebagai tujuan dari perkuliahan yaitu menjadi wirausaha. Dengan menjadi wirausaha memungkinkan kita untuk menciptakan lapangan kerja,” paparnya dalam keterangan rilis, Jumat (9/9/2022).

Perubahan pola pikir ini coba dilakukan melalui kegiatan SINEMA agar mahasiswa memiliki wawasan yang lebih luas mengenai masa depan dan mereka lebih terbuka untuk menjadi pengusaha.

“Ayo ikut SINEMA agar lebih luas lagi wawasan dan lebih terbuka lagi pola pikirnya sehingga dapat meraih mimpi masa depan dengan mudah dan cerah,” tutupnya.