//Digelar Offline Lagi, Serasi UNM Jadi Semakin Meriah

Digelar Offline Lagi, Serasi UNM Jadi Semakin Meriah

UNM gelar PKKMB secara offline termasuk di dalamnya kegiatan Seminar Inspirasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia, Universitas Nusa Mandiri (UNM) melangsungkan rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara daring atau online. Kini, UNM gelar PKKMB secara offline atau luring, termasuk di dalamnya kegiatan Seminar Inspirasi (Serasi).

Serasi berlangsung pada Sabtu (10/9/2022) di UNM kampus Margonda Jl. Margonda Raya No 545, Pondok Cina, Margonda, Depok. Sebagai Kampus Digital Bisnis, kegiatan Serasi ini juga ditayangkan secara live di kanal YouTube Nusa Mandiri.

Dengan mengusung tema Ignite Your Creativity, Serasi bertujuan untuk berbagi inspirasi, semangat, serta motivasi kepada para mahasiswa baru (maba) dalam menjalani perkuliahan nantinya. Rektor UNM Dwiza Riana hadir untuk memberikan sambutan. Selain itu, hadir juga narasumber keren dan menginspirasi yaitu Ripan Karlianto seorang Millennial Coach dan Bagas Ardian Rizki yang merupakan Professional Public Speaker & Personal Branding Coach.

Serasi juga menghadirkan beragam rangkaian kegiatan menarik. Mulai dari hiburan oleh mahasiswa UNM, stand Unit Kegiatan Mahasiswa, hingga seminar dengan beragam topik menarik yang bisa maba ikuti. Serasi yang terbagi dalam dua sesi ini menarik antusiasme maba. Masa pengenalan kampus dan penyambutan maba tanpa perpeloncoan ini juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi maba.

Selain Serasi, hadir juga beberapa kegiatan hiburan dari BEM, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa (HIMA), serta dari kakak tingkat yang bertalenta dan berprestasi lainnya. Ini juga menjadi ajang untuk BEM, UKM, dan HIMA untuk mengajak maba agar bergabung dan melaksanakan beragam aktivitas positif selama masa perkuliahan.

Wakil Presiden Mahasiswa BEM UNM Aan Rafii mengungkapkan, hadirnya kegiatan ini secara offline mendukung unit kegiatan mahasiswa dan himpunan dalam proses rekrutmen dan pengenalan organisasi mahasiswa (ormawa) kepada maba. “Kami sangat antusias dengan terselenggaranya acara ini secara offline. Karena kami cukup terhambat dengan kegiatan penyambutan maba yang sebelumnya berlangsung online karena pandemi. Banyak keterbatasan dalam kegiatan online. Dengan adanya offline, banyak hal menarik yang disuguhkan ormawa untuk memperkenalkan kegiatan-kegiatan mahasiswa di kampus kepada maba,” ungkapnya saat diwawancarai setelah acara, Sabtu (10/9/2022).

Selain itu, Aan juga berharap agar maba dapat mengambil momentum yang ada dalam kegiatan offline ini. Untuk diketahui, meskipun terselenggara secara offline, kegiatan ini berjalan dengan tertib dan aman. Pasalnya, protokol kesehatan yang diterapkan cukup ketat.

Tidak hanya menyediakan fasilitas dan menerapkan prokes yang ketat, kegiatan ini juga menghadirkan beberapa satgas Covid dan aparat lainnya serta tim kesehatan untuk memastikan kegiatan berlangsung dengan aman. Dengan demikian maba merasa senang dan antusias melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan tanpa ada yang dikhawatirkan.