//FKG Unissula Kini Miliki RS Pendidikan Utama

FKG Unissula Kini Miliki RS Pendidikan Utama

Penambahan formasi SDM di lingkungan RSIGM SA harus dilakukan lebih cermat

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG—Keluarga baesar Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) patut bersyukur. Kini FKG Unissula telah memiliki rumah sakit pendidikan utama.

Karena Rumah Sakit Islam Gigi Mulut Sultan Agung (RSIGM SA) telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama untuk Fakultas Kedokteran.   

Capaian ini disambut antusias oleh Rektor Unissula, Prof Dr Gunarto SH MH dan ia meminta kepada Direktur RSIGM SA, drg Kusuma Arbianti MM untuk terus meningkatkan kualitas SDM di lingkungan RSIGM SA Secara berkelanjutan. “Rumah sakit yang maju sudah pasti harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berkompetensi di bidangnya,” jelas Rektor Unissula di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/9/2022).

Maka, lanjutnya, pemilihan dan penambahan formasi SDM di lingkungan RSIGM SA harus dilakukan lebih cermat dan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan.

Karena SDM yang tepat dan bekompetensi akan menjadi kunci selain juga penting untuk membuat perencanaan yang bagus dalam semua aspek. “Terutama dalam hal perencanaan keuangan,” tegas Rektor Unissula.

Sementara itu, Direktur RSIGM SA, drg Kusuma Arbianti MM menyampaikan, bersyukur atas apa yang telah dicapai oleh RSIGM SA. Karena berdasarkan surat kepurusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor HK.01.07/MENKES/1381/2022 pertanggal 5 September 2022, RSIGM SA ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan utama.  

“Alhamdulillah, saat ini RSIGM-SA menjadi satu- satunya rumah sakit pendidikan kedokteran gigi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang telah terakreditasi paripurna dan menjadi RSGM Pendidikan Utama,” ungkapnya.

Ia juga berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkontribusi hingga RSIGM SA dapat meraih predikat sebagai rumah sakit pendidikan kedokteran gigi yang membanggakan.

Apa yang telah dicapai ini kan menjadi motivasi untuk kemajuan dan prestasi yang lebih baik bagi RSIGM SA ke depan. Tak lupa ia juga mengharapkan dukungan serta arahan Rektor Unissula agar apa yang telah diraih ini dapat terus meningkatkan prestasi di masa mendatang.

Arbianti juga mengungkapkan prestasi yang telah dicapai ini juga akan menjadi faktor pembeda dan sekaligus keunggulan Fakultas Kedokteran Gigi Unissula, di bandingkan dengan kedokteran gigi di perguruan tinggi lainnya, terutama di lingkup Jawa Tengah dan DIY.

Para mahasiswa Kedokteran Gigi Unissula akan bisa belajar dan praktik di RSIGM SA dengan peralatan dan standar mutu terbaik. “Ini akan menjadi dorongan bagi kita semua untuk terus maju memberikan layanan terbaik dengan standar-  standar terbaik,” tegasnya.

Seperti diketahui, RSIGM SA didirikan pada tahun 2012 dengan fungsi utamanya sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama sekaligus menjadi sarana penyelenggaraan pendidikan profesi bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Unissula seperti yang disyaratkan oleh Kemenristekdikti, Kemenkes dan juga Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Fungsi lainnya sebagai pelayanan kesehatan gigi dan mulut masyarakat dalam rangka menunjang program pemerintah di bidang pelayanan kesehatan gigi masyarakat,” kata Arbianti.