//Bagian Dari Ajaran Agama, Menag Minta Santri Jaga Sportivitas

Bagian Dari Ajaran Agama, Menag Minta Santri Jaga Sportivitas

JawaPos.com – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membuka secara resmi Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) ke IX di Solo (23/11) malam. Dia meminta supaya para santri kontingen Pospenas untuk menjaga kejujuran dan sportivitas.

Kegiatan Pospenas kali ini diikuti 4 ribu atlet dan official dari 34 provinsi. Pada acara pembukaan yang dipusatkan di Stadion Manahan, ikut hadir sekitar 20 ribu santri dari sejumlah pesantren. Di hadapan ribuan atlet itu, Yaqut mengingatkan agar mereka berlaga dengan menjunjung tinggi sportivitas.

“Ingat, sportifitas dan kejujuran adalah di antara sekian banyak nilai yang selama ini diajarkan para kiai dan pengasuh pesantren,” kata menteri yang akrab disapa Gus Men itu. Yaqut mengatakan pada gelaran Pospenas ini, waktunya untuk mempraktikkan sportivitas dengan berlomba penuh respek, jujur, dan sportif.

Yaqut mengatakan, santri adalah penuntut ilmu yang konsisten memegang prinsip agama Islam. Santri bisa menjadi atlit, seniman, dan banyak profesi lain. Meskipun begitu dalam menjalankan profesinya para santri, tetap memegang teguh karakter agamis. Ajang Pospenas ini, kata Menag, menjadi salah satu bentuk kehadiran negara dalam meningkatkan kebugaran jasmani, rohani, dan prestasi santri.

“Maka berikan yang terbaik untuk pesantren, provinsi masing-masing, dan juga Indonesia” tambahnya. Acara pembukaan tersebut juga dihadiri Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka serta Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M. Ali Ramdhani.

Dalam sambutannya, Dhani mengaku senang, para santri dapat bertanding di stadion Manahan yang berkelas Internasional. Namun arti Pospenas lebih dari sebuah pertandingan semata. Tetapi juga untuk memupuk persatuan, persahabatan, dan persaudaraan antar santri. Serta membangkitkan santri untuk untuk menjaga NKRI. “Karena masih pandemi, Pospenas 2022 digelar tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh atlit sudah divaksin dan swab antigen,” katanya