//Anak Usia 9 Tahun Sudah Bikin dan Terbitin Novelnya Sendiri

Anak Usia 9 Tahun Sudah Bikin dan Terbitin Novelnya Sendiri

Celine menulis dengan spontan tanpa perencanaan sama sekali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Semua orang bisa menulis, namun tidak semua bisa menuangkannya kedalam bentuk karya tulis. Tidak ada batasan usia saat seseorang ingin membuat karya tulis. Hal tersebut dibuktikan oleh seorang anak yang berumur 9 tahun dan sudah menerbitkan novel karyanya sendiri.

Namanya adalah Celine Beretta Limas. Dia berhasil membuat novel bergenre fiksi fantasi berjudul “The Secrets of Fantasies”. Celine, panggilan akrabnya, merupakan siswi sekolah dasar (SD) dari Singapore School (SIS) Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dalam pembuatan novel pertamanya ini, Celine terinpirasi dari Ms Rani, guru Celine ketika di kelas 4 SD yang menyatakan bahwa Celine diberikan “True Gift”. Ms Rani menyarankan Celine untuk tetap menggali potensi diri dalam menulis.

Hal itulah yang membawa Celine di posisi sekarang, telah berhasil menerbitkan buku novelnya sendiri. Selain itu, novel “Warrior Cats” karangan Erin Hunter juga menjadi tambahan inspirasi Celine dalam menulis.

Orang tua Celine mengungkapkan bahwa putrinya itu, sudah mulai tertarik menulis saat masih kelas 3 SD. Sekarang, dia sudah kelas 5 SD. “Kelas 3 SD selalu ada assignment menulis cerita, tapi sejak kecil memang anaknya hobby membaca buku,” kata orang tua Celine kepada media, Selasa (29/11/2022).

Bahkan, yang luar biasanya lagi, novel pertamanya Celine, selesai dalam waktu yang terbilang cukup singkat. “Celine menulis ‘The Secrets of Fantasies’ hanya dalam waktu sekitar 3 bulan,” kata orang tuanya, seperti dalam siaran pers.

Selama menulis novel pertamanya ini, Celine mengaku semuanya berjalan lancar, tanpa hambatan. Bahkan Celine menulis dengan spontan tanpa perencanaan sama sekali. Setiap kali ingin menulis, Celine cukup membuka laptop dan melanjutkan ketikkannya dengan ide yang mengalir secara spontan.

Novel ini menargetkan pembaca mulai dari anak kelas 2 SD hingga SMA. Cover novel merupakan hasil karya desain Celine pribadi. Dia bahkan tidak mengambil jasa pembuatan cover, meski mendapat tawaran gratis dari penerbit bukunya.

“Saya lebih ingin menonjolkan karya buku tersebut sebagai salah satu kesatuan utuh karya Celine,” ungkapnya.

Orang tua Celine, sangat mendukung tumbuh kembang anaknya dan mengaku sangat bangga karena Celine sudah bisa menemukan skill di usia yang sangat muda. Kabarnya, saat ini Celine sedang membuat karya keduanya dengan judul “Dreamwalkers” dan sudah mencapai 38 halaman.

Orang tua Celine menambahkan, akan terus mendukung anaknya untuk pengembangan diri sang anak kedepannya. Dengan terbitnya buku ini, mereka berharap pembaca dapat mengambil pesan positif yang tertuang didalamnya. “Kami berharap selalu ada sisi positif yang bisa dipetik dari karya Celine,” tutup orang tua Celine.

Novel ini menceritakan seorang gadis yang berumur 14 tahun bernama Coraline. Coraline digambarkan sebagai gadis petualang yang pemberani dan selalu tertarik mencoba hal baru.

Hidupnya berubah ketika dia mendengar berita terbaru tentang “The Lost Land”. Di suatu malam, Coraline menjelajahi “The Lost Land” bersama dengan dua adik dan teman-temannya untuk mencari tahu tentang misteri di pulau tersebut.

Rumornya, tidak ada yang berani menjelajahi portal itu sebelumnya dan tidak mudah untuk bertahan hidup di sana. Ada banyak mahkluk berbahaya.

Rasa penasaran mereka akan mengungkapkan fakta, ada apa sebenarnya di tempat tersebut yang sarat akan rumor. Penasaran dengan ceritanya? Novel pertama Celine ini sudah bisa kamu beli melalui platform e-commerce Tokopedia dan Shopee dengan nama toko C.B.L The Author.

Celine juga berencana untuk berkolaborasi dan melakukan bedah buku dengan penulis lainnya, untuk mengembangkan kemampuan menulisnya. Info lebih lanjut dapat menguhubungi email celinebaglovers@gmail.com atau nomor 081617169382.

TAGS: