//Lulusan Program PKK Terserap Dunia Kerja, PKW Sudah Rintis Usaha

Lulusan Program PKK Terserap Dunia Kerja, PKW Sudah Rintis Usaha

JawaPos.com – Program pendidikan kecakapan kerja (PKK) dan pendidikan kecakapan wirausaha (PKW) sukses mengurangi pengangguran. Tahun lalu, lebih dari 50 persen lulusan program PKK terserap di dunia kerja.

Program tersebut diadakan Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Menurut Direktur Kursus dan Pelatihan (Dirsuslat) Ditjen Vokasi Wartanto, capaian dari lulusan program PKW juga tak kalah melegakan. Lebih dari 80 persen lulusan PKW telah merintis usaha. Hal itu tak terlepas dari dukungan platform digital, perbankan, UMKM, kementerian, serta koperasi.

Bahkan, berdasar audit BPK, pelaksanaan dua program tersebut tidak mengalami banyak kendala di lapangan. ”PKK dan PKW sukses di lapangan, banyak yang merintis usaha,” ujarnya dalam keterangan resminya kemarin (22/1).

Wartanto menyebut suksesnya PKK dan PKW itu sebagai salah satu solusi dalam mengurangi anak usia sekolah yang tidak sekolah (ATS). Karena itu, dia mendorong lembaga kursus dan pelatihan (LKP) untuk jemput bola. LKP harus lebih gencar menjangkau peserta didik di daerah terpencil untuk turut berpartisipasi.

Dirjen Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kiki Yuliati mengungkapkan, PKK dan PKW menjadi penyelamat bagi anak-anak yang berasal dari golongan ekonomi lemah untuk bisa melanjutkan pendidikannya melalui jalur kursus dan pelatihan. Terutama, di masa pandemi Covid-19 lalu.