//Cyber University Ajak Siswa Kenal Industri Kreatif

Cyber University Ajak Siswa Kenal Industri Kreatif

Universitas Siber Indonesia atau Cyber University yang dulunya bernama BRI Institute menggandeng StartUp DCC (Digital Creative Center) atau AlfaOne, menyelenggarakan Workshop Industri Kreatif dan Praktik Podcast secara langsung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebagai wadah dalam memberikan kesempatan kepada siswa/i di bidang industri kreatif, Universitas Siber Indonesia atau Cyber University yang dulunya bernama BRI Institute menggandeng StartUp DCC (Digital Creative Center) atau AlfaOne, menyelenggarakan Workshop Industri Kreatif dan Praktik Podcast secara langsung di Studio PodShow Creative Center. Event workshop ini terkemas secara menarik dalam rangkaian acara CyberTech yang diselenggarakan, pada Jumat (28/7/2023).

Acara CyberTech ini berlangsung di Aula Cyber University, Jalan TB Simatupang No 06, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Hadir sebagai tamu undangan, siswa-siswa dari SMKN 47 Jakarta dengan menghadirkan narasumber yang telah profesional di industri digital kreatif.

Muhammad Tsabit selaku narasumber berkesempatan memaparkan materi terkait dengan PodShow Creative Center kepada siswa/I SMKN 47. Ia mengatakan bahwa menjadi seseorang yang kreatif tidak perlu takut untuk memulai terjun di dunia digital kreatif.

“Jika susah memunculkan ide dalam membuat konten, kita bisa memulai dengan melihat konten-konten lain yang sudah ada. Kemudian kita ATM (Amati Tiru Modifikasi), karena di dalam dunia digital kreatif iti tidak ada yang 100 persen hasil buatan sendiri. Pasti ada campur aduk, hasil mengambil dari ide orang lain, tapi tidak dengan menjiplak 100 persen,” jelas dalam wawancara secara langsung usai mengisi acara Jumat (28/7/2023). 

Lanjutnya, Tsabit juga mengajak beberapa siswa untuk praktik langsung dalam sebuah podshow. Namun sebelumnya ia juga menjelaskan ada beberapa teknik  yang dapat lakukan sebelum memulai membuat podcast. 

“Terdapat beberapa teknik terlebih dahulu yang harus dikuasai sebelum memulai sebuah podcast. Di antaranya, teknik menjadi seorang camera person, host, narasumber dan pengarah acara,” ujarnya. 

Advertisement

TAGS: