//Dies Natalis ke-69, Unair Ingin Berbagi Kebahagiaan dengan Masyarakat

Dies Natalis ke-69, Unair Ingin Berbagi Kebahagiaan dengan Masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Universitas Airlangga (Unair) akan memasuki usia ke-69 pada 10 November 2023. Sekretaris Unair Koko Srimulyo mengatakan, pihaknya ingin menjadikan peringatan ulang tahun atau dies natalis ke-69 sebagai momentum berbagi kebahagiaan dengan masyarakat umum. Maka dari itu, pada momen dies natalis Unair ke-69 ini, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat umum.

“Intinya pada November ini banyak kegiatan-kegiatan yang Unair itu pengen berbagi kebahagiaan dengan masyarakat sekitarnya, dengan masyarakat umum, untuk bisa menikmati kegiatan-kegiatan berkaitan dengan dies natalis ke-69,” kata Koko di Gedung Rektorat Kampus C Unair, Surabaya, Rabu (8/11/2023).

Koko menjelaskan, banyak sekali kegiatan yang digelar dalam rangka merayakan dies natalis Unair ke-69. Rangkaian kegiatan inti digelar selama dua bulan penuh, yakni pada Oktober dan November 2023.

Di antara kegiatan yang digelar adalah acara fun bike dan mancing, yang pesertanya terbuka untuk masyarakat umum. Masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan tersebut bisa mendaftar secara gratis.

 

Unair juga menggelar kegiatan pasar rakyat, untuk masyarakat umum. Dimana Unair mendatangkan 40 pelaku UMKM untuk menjajakan produknya di area Kampus C Unair pada 5 November 2023. Produk tersebut sudah dibeli oleh panitia, sehingga masyarakat bisa menikmatinya secara gratis.

“Setiap (hari) Minggu itu kan di danau Kampus C Unair itu banyak sekali masyarakat yang rekreasi, ngajak anak-anaknya, keluarganya,” ujarnya.

Unair juga menggelar berbagai kegiatan menarik lainnya seperti Rektor Cup untuk beberapa cabang olehraga seperti futsal, bulu tangkis, basket, tenis, hingga catur beregu. Unair juga menggelar Airlangga Run dengan jarak tempuhnya sepanjang 6,9 kilometer. Peserta yang mendaftar saat ini sudah mencapai 2.000 pendaftar.

 

Kemudian acara puncak akan digelar pada 25-26 November 2023. Pada acara puncak tersebut akan digelar acara bazar UMKM dan konser. Bintang tamu yang memeriahkan acara tersebut adalah klantink dan Pusakata. Masyarakat umum juga bisa hadir di acara puncak tersebut.

Koko menjelaskan, di sela-sela berbagai kegiatan tersebut, panitia telah menyediakan doorprize menarik untuk para peserta. Hadiah utamanya adalah perjalanan umroh bagi peserta yang beruntung, ternasuk masyarakat umum.

“Kalau yang dapatnya beragama non Islam, bisa untuk ziarah ke tempat lain yang harganya senilai dengan umroh. Misal kristen atau katholik misalnya bisa ke Yerusalem. Kalau hindu ke India atau ke tempat ibadah lain,” ucapnya.

Koko belum mengetahui secara pasti jumlah tiket umroh yang disiapkan sebagai hadiah pada perayaan ulang tahun ke-69. Koko mengatakan, pada tahun sebelumnya, tiket umroh yang diberikan sebagai hadiah sebanyak 12 tiket. Ia berharap di tahun ini bisa lebih banyak.

“Tahun lalu ada 12 hadiah umroh, mungkin tahun ini bisa lebih,” kata Koko.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih menjelaskan, Unair berdiri pada 1954 tepatnya pada 10 November. Peresmiannya menghadirkan Menteri Pendidikan saat itu, Mohammad Yamin.

Memasuki usia ke-69, kata Nasih, sudah banyak capaian yang diraih Unair, baik dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan, riset, maupun inovasi. Sepanjang tahun ini, lanjut Nasih, Unair juga mengukuhkan 69 guru besar.

Masih dalam rangka peringatan dies natalis ke-69, Unair bakal membagikan 69 sepeda kepada civitas akademika. “Tujuannya agar green campus juga akan tercipta, sehingga penggunaan mobil dan motor dapat kita kurangi bersama-sama,” ujarnya.

“Kemudian Tanggal 10 November kita akan upacara dan kita lanjutkan dengan kegiatan tasyakuran. Puncaknya dari kegiatan ini kita akan gelar sidang dies natalis pada 15 November dengan orator utama kita adalah Carina Joe yang menghasilkan vaksin AstraZeneca,” ujarnya.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

TAGS: