//PLN Kolaborasi dengan ELSA untuk Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Karyawan

PLN Kolaborasi dengan ELSA untuk Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Karyawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT PLN (Persero) bekerja sama dengan ELSA Speak dalam mengoptimalkan kemampuan bahasa Inggris para karyawan. Melalui “PLN English Community” supported by ELSA Speak (World-Class English Program menggunakan AI), program ini telah berhasil memberikan dampak positif bagi pengembangan kompetensi dan keterampilan profesional para karyawan.

Program ini tidak hanya menekankan pada pembelajaran mandiri, tetapi juga mengutamakan interaksi dan kolaborasi antar karyawan melalui platform virtual. Dengan bantuan AI dari ELSA Speak, program ini dapat mengidentifikasi kebutuhan setiap individu dan menyusun kurikulum yang disesuaikan pribadi masing-masing peserta. 

Dampak positifnya pun cepat dirasakan para karyawan terutama dalam menghadapi situasi pekerjaan dan bisnis sehari-hari, seperti saat presentasi, berbicara di depan umum, dan pendelegasian tugas. Adanya PLN English Community ini juga menjadi bagian penting dari upaya PLN untuk menjadi perusahaan go global, dengan target 30 persen karyawan perusahaan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik.

“PLN English Community merupakan implementasi langkah strategis kami dalam memberi pelatihan bahasa Inggris berbasis teknologi kepada SDM perusahaan secara efektif. Pelatihan dilakukan melalui metode blended learning di mana ELSA Speak memadukan teknologi dan tenaga pengajar (tutor) native speaker,” ungkap Yasser Muhammad Syaiful, Country Manager ELSA Indonesia.  

Dengan metode pembelajaran tersebut, para peserta memiliki fleksibilitas untuk belajar kapan saja dan dimanapun mereka berada. Tidak hanya itu, para peserta juga diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk terlibat dalam diskusi dan interaksi rutin bersama tutor native sebanyak satu kali dalam seminggu.

Pendekatan blended learning ini terbukti efektif dan sesuai dengan kebutuhan para profesional di BUMN yang memiliki dinamika kerja tinggi dan tetap suka berdiskusi. Dengan demikian, peserta mempunyai ruang belajar bersama tutor yang praktis, menyenangkan, dan mampu mempertahankan motivasi karyawan agar tetap terlibat hingga akhir pembelajaran.

Keberhasilan program PLN English Community terlihat dari angka (English Proficiency Score) pada periode 1 yang memiliki rata-rata kenaikan 1-3 level. Dengan adanya peningkatan keterampilan individu yang terlibat dalam program ini, diharapkan akan tercipta lebih banyak peluang kolaborasi internasional yang dapat memperluas jangkauan visi PLN untuk mendunia. Targetnya, perusahaan dapat mencapai Return On Investment (ROI) yang signifikan dan memberikan dampak positif yang nyata di berbagai sektor.

Manfaat lain dari PLN English Community ini juga memberi persiapan bagi karyawan untuk mengikuti event kompetisi tahunan PLN English Olympiad (PEO) yang diadakan oleh PT PLN Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PLN Pusdiklat). Kompetisi yang berlangsung pada Oktober 2023 ini mengusung tema “Unleashing Energy and Beyond”. 

Keberhasilan program PLN English Community dan PEO 2023 ini menandai pencapaian luar biasa para karyawan dalam menguasai bahasa asing secara global, serta diharapkan menjadi langkah penting bagi perseroan dalam upaya ekspansi dan mendunia.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

TAGS: