//USU Kolaborasi dengan Pelindo Fasilitas International Summer Course 2023

USU Kolaborasi dengan Pelindo Fasilitas International Summer Course 2023

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN — Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU) dengan PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai salah satu Subholding PT Pelindo, yang dalam bisnisnya bergerak pada kepelabuhanan di bidang operasi terminal multipurpose di Indonesia, seperti curah cair, curah kering, dan kargo umum, berkolaborasi dalam pelaksanaan program International Summer Course 2023 yang berlangsung 7-10 November 2023 di Medan.

Program yang diikuti sebanyak 126 peserta yang di antaranya merupakan mahasiswa asal Indonesia, Malaysia, Rusia, Pakistan, dan Bangladesh ini berfokus pada tema ‘Mengelola Ekosistem Berkelanjutan di Sekitar Pelabuhan’. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan praktis terkait ekosistem berkelanjutan, terutama dalam konteks kepelabuhanan.

Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal, Edi Priyanto mengungkapkan, kolaborasi ini merupakan wujud dari aksi nyata Pelindo Group sebagai bagian dari BUMN dalam mendukung dunia pendidikan yang merupakan salah satu program prioritas Pelindo. Program ini dilaksanakan dengan mengenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim melalui materi workshop dengan tema ekosistem dan kunjungan/visit lapangan di Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Di samping itu, para peserta juga turut mengunjungi beberapa calon kampung binaan Pelindo di wilayah sekitar Pelabuhan guna melihat secara langsung pembenahan lingkungan dan edukasi kepada masyarakat yang telah dilakukan perusahaan sebagai bentuk wujud kontribusi kepedulian Perusahaan pada perkembangan sosial dan lingkungan di wilayah sekitar operasional Pelabuhan Belawan.

“Kolaborasi USU dan SPMT ini juga sejalan dengan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebagai komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada pendidikan, ekonomi, sosial, lingkungan dengan prinsip yang lebih terintegrasi dan terukur dampaknya bagi masyarakat luas,” jelas Edi Priyanto.

Sementara itu Ketua Program Studi S2/S3 Teknik Sipil USU Dr. Ir. Ahmad Perwira Mulia Tarigan MSc IPU yang juga sebagai Lead Program International Summer Course 2023, mengapresiasi Pelindo dan SPMT yang memfasilitasi pelaksanaan International Summer Course 2023 di Belawan. Ahmad Perwira menerangkan, secara keseluruhan pelaksanaan program ini merupakan platform untuk berbagi pengetahuan, kolaborasi dan network internasional, dan memperkuat praktik berkelanjutan khususnya dalam membangun green port.  

“Kami mengapresiasi Pelindo dan SPMT yang telah berkolaborasi khususnya bersama USU dan PII Sumut menjadi host International Summer Course 2023. Para peserta telah terlibat dalam berbagai kegiatan edukatif; selain memperoleh pengetahuan tentang kepelabuhanan dari pemateri juga mendapatkan pengalaman kunjungan lapangan langsung ke operasional pelabuhan, serta kampung binaan di sekitar Perusahaan. Semua ini memberikan wawasan berharga kepada para peserta didik tentang praktik yang berwawasan lingkungan dan tantangan dunia nyata kelak,” ujar Perwira.

Muhammad Izzulnazmi, Peserta asal Universitas Selangor Malaysia mengapresiasi International Summer Course yang diselenggarakan oleh pihak USU dan Pelindo. Selain mendapatkan pemahaman tentang manajemen pelabuhan, logistik dan perdagangan internasional, para peserta juga mendapatkan pengalaman langsung dalam kunjungan operasional terminal pelabuhan, yaitu Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Kuala Tanjung

“Pelabuhan Belawan memberikan kesan positif kepada peserta tentang bagaimana komitmen Qinsan Pelindo pada green port dengan berbagai inovasi yang diusung seperti penerapan eco-friendly practices, efisiensi energi, dan pengukuran sampah reduksi, serta pendekatan terhadap lingkungan. Dengan menyeimbangkan tujuan bisnis perusahaan secara ekonomi dan pertimbangan ekosistem lingkungan” tutur Izzulnazmi.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

TAGS: