//Mahasiswi FAI UMJ Raih Banyak Prestasi pada Kompetisi Public Speaking

Mahasiswi FAI UMJ Raih Banyak Prestasi pada Kompetisi Public Speaking

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Winda Yulianti, mahasiswi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ), banyak meraih prestasi dibidang public speaking. 

Terbaru, Winda yang juga Anggota Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) UMJ berhasil meraih Juara 2 lomba Master of Ceremony (MC) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Bandung (UNISBA), Sabtu (11/11/2023).

Kejuaraan ini diikuti lebih dari 100 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Peserta lomba diwajibkan untuk membuat video semiformal berdurasi lima menit untuk dilakukan seleksi oleh panitia penyelenggara. Setelah berhasil lolos ke babak final, Winda bersaing dengan dua mahasiswa lainnya dengan membawakan teks MC bertajuk nonformal.

Sebelumnya, Winda telah memenangkan beberapa lomba di antaranya menyabet dua gelar sekaligus, yakni juara satu Master of Ceremony (MC) dan News Anchor pada ajang Workshop and Public Speaking Compettion di Universitas Jember (UNEJ). 

Selain itu, Ia menjadi juara satu MC dalam ajang pekan Protokoler Nasional di Institusi Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, dan dua News Anchor dalam ajang Satu Dekade TV Muhammadiyah. 

Karena pertama ada KPM yang ngasih pemateri andromeda sama beberapa unpad aku tertarik MC awalnya tim MC tapi memberanikan diri mis syifa dijadikan MC Wisuda. Kemampuan dibidang MC, karena KPM membuka gerbang aku.

Winda bercerita diawal ia belum mempunyai kemampuan dalam hal public speaking. Kemampuan itu ia dapatkan saat menjadi anggota KPM UMJ. Ia sangat tertarik menjadi MC, setelah mendengarkan pelatihan public speaking.

“Aku tertarik setelah mengikuti pelatihan dibawakan oleh Andromeda Mercury, tetapi saat itu tidak terpilih menjadi tim MC di KPM. Namun, aku beranikan untuk mengajukan diri dan belajar,” ujar Winda.

Lebih lanjut, Winda mengaku kerap mengikuti ajang perlombaan Master Ceremony (MC) dan presenter. Menurutnya, Keberhasilan menjadi MC dan presenter tidak selalu berjalan lancar. Winda mengaku ia sempat menyerah karena tidak kunjung menjadi juara dalam mengikuti perlombaan MC. Namun, semangat yang diberikan oleh salah seorang dosen kembali membuat Winda bangkit.

“Aku sempat down ketika mengikuti salah satu lomba presenter, karena banyak yang memuji tapi ternyata aku tidak juara. Sampai akhirnya ada satu orang dosen yang menyemangati aku dan di situ aku mulai bergerak untuk mengikuti lomba lagi,” ujar Winda.

Perempuan yang biasa disapa Wendha ini berharap di masa depan ia dapat terus mengukir prestasi dan mampu menjadi presenter terkenal, sebagaimana tokoh inspirasinya yaitu seorang presenter di stasiun televisi nasional.

Tidak hanya dalam bidang public speaking, Winda juga mempunyai prestasi lainnya yakni juara MTQ Syahril Qur’an tingkat mahasiswa UMJ dan juara dua lomba cover lagu muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah Ke-48 tingkat nasional.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches