//Ditjen Diktiristek Sponsori Workshop Strategi Digital Marketing UNM

Ditjen Diktiristek Sponsori Workshop Strategi Digital Marketing UNM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Workshop Digital Marketing dengan tema Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM di Era Digital sukses terlaksana pada Rabu (15/11/2023), pukul 13.00 – 16.00 WIB. Kegiatan ini disponsori oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditje Ditiristek), sebab Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) mendapatkan hibah Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan. 

Acara workshop ini sebagai salah satu agenda kerja dalam program hibah yang telah diterima oleh kelompok dosen UNM untuk membantu meningkatkan kinerja UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dengan menghadirkan narasumber handal yakni Irman Syarif Hidayat sebagai instruktur digital marketing. Workshop berlangsung di di Asyana Hotel Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan ini, narasumber Irman Syarif Hidayat membahas digital marketing dengan komponen digital marketing seperti Search Engine Marketing, Social Media Marketing, Search Engine Optimization. Tak hanya teori yang disampaikan, narasumber juga mengajak peserta untuk praktek secara langsung.

Peserta diajak praktek membuat konten melalui CapCut. Irman Syarif Hidayat menjelaskan cara penggunaan capcut, mengedit konten di CapCut, menghapus video dan menambah musik atau audio.

“Membuat video promosi, saat ini tidak perlu repot sebab CapCut sudah menyediakan template yang siap pakai dan dapat diubah sendiri oleh pengguna. CapCut juga memiliki fitur yang cukup lengkap dan bisa terakses dengan gratis melalui aplikasi pengguna,” jelas Irman.

Sementara itu, workshop ini dihadiri oleh mitra UMKM yakni Kopi Gunung didampingi oleh kelompok dosen UNM sebagai penerima hibah sekaligus panitia penyelenggara yakni Tati Mardiana, Instianti Elyana, Daning Nur Sulistyowati, Sukmawati Anggraeni Putri, Arfhan Prasetyo dan Andi Saryoko. Suksesnya acara tak luput dari peran tim mahasiswa UNM yang turut membantu yakni Nakdin Satria Firmansyah, Nur Khofifah, Kanaya Salsabila Setiawan, Vito Faza Alfarizzy, Rezin Simanjuntak, Muhammad Farhan dan Rizki Muhammad Shafar.

Saat wawancara, Ida Zuniarti selaku ketua pelaksana kegiatan yang juga merupakan dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNM menyampaikan bahwa workshop ini merupakan bagian dari program pembinaan UMKM berbasis kemitraan dan merupakan langkah strategis yang dirancang oleh Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) UNM. 

“Tujuan utama program ini untuk mendorong UMKM melakukan transformasi digital dalam bisnis agar memperoleh keunggulan kompetitif yang kuat di era society 5.0 yang penuh dengan tantangan dan peluang,” terang Ida usai acara. 

Ia pun berharap melalui workshop ini, peserta dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang strategi digital marketing yang efektif dan dapat diimplementasikan dengan baik dalam skala UMKM.

“Semoga adanya workshop ini menambah pemahaman peserta, yang saat ini transformasi digital bukan lagi pilihan, melainkan suatu keharusan di tengah perubahan paradigma bisnis global. Maka, sebuah UMKM wajib tahu lebih dalam mengenai strategi digital marketing,” tutupnya.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches