//Prodi Sistem Informasi dan NSC UNM Sukses Gelar Workshop Form Ide to Desain UI/UX

Prodi Sistem Informasi dan NSC UNM Sukses Gelar Workshop Form Ide to Desain UI/UX

Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) bersama dengan Nusa Mandiri Startup Center (NSC) sukses menyelenggarakan workshop UI/UX pada Selasa (14/11/2023), pukul 09.00-12.00 WIB di Universitas Nusa Mandiri kampus Jatiwaringin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Program Studi (prodi) Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) bersama dengan Nusa Mandiri Startup Center (NSC) sukses menyelenggarakan workshop UI/UX pada Selasa (14/11/2023), pukul 09.00-12.00 WIB di Universitas Nusa Mandiri kampus Jatiwaringin. 

Ketua prodi Sistem Informasi, Sukmawati Anggraeni Putri menyampaikan workshop ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang Desain Antarmuka Pengguna (UI) dan Pengalaman Pengguna (UX). “Workshop ini khusus diadakan untuk mahasiswa prodi Sistem Informasi untuk memberikan kesempatan bagi mereka merespons trend terbaru dalam dunia desain UI/UX dan mendapatkan wawasan praktis yang dapat diterapkan dalam pengembangan proyek-proyek mereka,” kata Sukmawati, dalam siaran persnya. 

Kegiatan yang dipandu oleh Siti Nurlela selaku Kepala NSC juga memastikan bahwa peserta mendapatkan wawasan yang komprehensif dan kesempatan untuk berinteraksi aktif.  “Workshop UI/UX di UNM ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan desain yang relevan dalam menghadapi tantangan industri teknologi informasi yang terus berkembang. Dengan acara ini diharapkan memberi inspirasi dan wawasan baru kepada para peserta,” ujar Siti. 

Sementara itu, narasumber acara yakni Rifky Ardiansyah, seorang ahli terkemuka di bidang desain UI/UX dan CEO Peluang.co, melalui presentasi dan diskusi, memberikan wawasan tentang UI/UX dan praktek membuat design UI/UX terbaik dari ide hingga implementasi high-fidelity dalam desain UI/UX.

 

“UI/UX memiliki peranan yang sangat penting dalam pembuatan sebuah aplikasi. UI berfokus pada antarmuka pengguna dan berhubungan dengan sisi estetika suatu desain, sedangkan UX berfokus pada pengalaman pengguna,” jelas Rifky.

Ia juga menjelaskan bahwa terdapat banyak sekali tools UI/UX design yang sering dipakai oleh seorang UI/UX designer dalam membuat sebuah desain aplikasi. “Dalam UI/UX, tools terbagi menjadi 2 yaitu tools UI desain, dan tools UX desain. Tools UI desain digunakan oleh designer untuk membuat rancangan wireframe, high-fidelity, hingga prototype. Namun, tools UX desain dibutuhkan oleh designer untuk membantu menyusun arsitektur informasi (IA), sitemap, user flow, dan lainnya,” ujarnya.

Advertisement