//Ribuan Peserta dari Jabodetabek Berkompetisi dalam Tes Seleksi PSB SMP Labschool 

Ribuan Peserta dari Jabodetabek Berkompetisi dalam Tes Seleksi PSB SMP Labschool 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Tercatat sebanyak total 1.618 peserta yang mengikuti Tes PSB SMP Labschool 2024 yang tersebar di empat lokasi. Tes seleksi digelar serentak di empat lokasi yaitu  di Labschool Jakarta (Rawamangun), Kebayoran, Cibubur, dan Cirendeu.  

Ketua PSB Smp Labschool 2024, Dr Fakhruddin, menjelaskan tes yang digelar Ahad (11/2/2024) itu dilaksanakan menggunakan CAT (computerized adaptive test) sehingga seluruh peserta tes membawa perangkat masing-masing untuk mengerjakan tes di lokasi Labschool pilihannya.

Dia menuturkan, semangat peserta tes sudah terlihat sejak pagi, dengan didampingi orang tua mereka sudah hadir di Labschool pilihannya masing-masing.

Guru dan Karyawan Labschool sudah siap sedia menyambut kedatangan mereka, dan stand by di beberapa titik untuk memberikan informasi seputar tes maupun informasi umum mengenai Lasbchool. 

“Sebelum tes dimulai, peserta tes dan orang tua dapat menyaksikan penampilan seni dari siswa/i SMP Labschool sebagai ucapan selamat datang dari kami,” kata dia dalam keterangannnya, Senin (12/2/2024). 

Dia menambahkan, menuju pukul 08.00 peserta tes dikumpulkan untuk doa bersama dan mulai diarahkan menuju ruang tes didampingi oleh kakak-kakak OSIS. Tes berlangsung selama dua jam, dimulai pukul 09.00-11.00 melalui lima tahap (kuantitatif, pemahaman bacaan, kemampuan verbal, akademik, dan survey karakter). 

“Peserta tes mengerjakan dengan keinginan yang kuat untuk berhasil lulus dan bergabung sebagai siswa SMP Labschool. Orang tua pun senantiasa mengirim doa sembari menunggu waktu tes selesai,” tutur dia. 

SMP Labschool, kata dia, menyediakan galeri prestasi dari siswa/i berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik di berbagai ajang bergengsi seperti FLS2N, terdapat pameran karya dan album kegiatan SMP Labschool.

Kakak-kakak OSIS, MPK, ROHIS, dan Pramuka mempresentasikan program yang mereka jalankan kepada orang tua yang menunggu putra putrinya menyelesaikan tes, dilanjutkan dengan pemaparan kegiatan unggulan dari Wakil Kesiswaan SMP Labschool dan sesi tanya jawab.

“Kami juga memfasilitasi empat peserta yang sedang berada di luar negeri untuk mengikuti tes secara daring,” ujar dia.   

Baca juga: 5 Kunci Agar Rezeki yang Diperoleh Berkah di Dunia Menurut Alquran dan Hadits

Dia mengatakan, terdapat beberapa peserta tes yang hadir dalam keadaan kurang sehat dan mengerjakan tes di poliklinik Labschool. Secara umum pelaksanaan PSB berjalan dengan baik dan lancar, sedangkan untuk pengumuman hasil Tes akan diinformasikan di Web Labschool https://labschool-unj.sch.id/psb 

Dalam kesempatan tersebut Penasihat Labschool UNJ, Prof Arief Rachman, mengingatkan agar sekolah dan orangtua senantiasa bekerjasama untuk mengembangkan lima potensi yang ada pada siswa yaitu keimanan, perasaan, jasmani, kecerdasan, dan sosial). 

sumber : Antara

TAGS: