//UMJ Masuk 20 Besar Impact Website Tertinggi, Rektor: Tingkatkan Lebih Lagi!

UMJ Masuk 20 Besar Impact Website Tertinggi, Rektor: Tingkatkan Lebih Lagi!

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr Mamun Murod. Rektor UMJ ingin adanya peningkatan dengan target 50 besar di Unirank dan Webometrics

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Universitas Muhamamdiyah Jakarta (UMJ) masuk ke dalam daftar 20 besar perguruan tinggi dengan impact website tertinggi se-Indonesia. Belum puas dengan capaian itu, Rektor UMJ Prof Ma’mun Murod Al-Barbasy ingin adanya peningkatan lebih lanjut ke depan dengan target masuk ke 50 besar secara nasional di Webometrics dan Unirank.

“Kalau itu bisa ditingkatkan lebih jauh, kita bisalah bertengger secara keseluruhan di ranking kira-kira sekitar 50 besar itu,” ucap Prof Ma’mun kepada Republika, Jumat (9/2/2024).

Seperti diketahui, UMJ berada di peringkat ke-19 dalam daftar perguruan tinggi dengan impact website tertinggi di Indonesia. Pengertian impact website secara umum adalah ukuran yang dapat menunjukan seberapa besar pengaruh atau dampak yang dimiliki oleh suatu website.

Terkait capaian tersebut, dia menyatakan, hal itu merupakan hasil kerja dan ikhtiar UMJ selama ini. Menurut dia, apa yang sudah dilakukan oleh kantor sekretarian universitas (KSU) UMJ sudah mulai membuahkan hasil. Tapi, UMJ tetap harus terus meningkatkan kinerja untuk mengejar target selanjutnya.

“Dengan catatan, harus ada keseriusan dari kita semua termasuk juga para dosen untuk bagaimana bisa melakukan sitasi atas karya-karyanya. Nah itu akan bagus,” jelas Prof Ma’mun.

Impact Rank dalam Webometrics adalah salah satu parameter yang digunakan sebagai penentuan peringkat universitas atau institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia. Webometrics Ranking of World Universities menggunakan metode pengukuran berbasis web untuk menentukan peringkat ini. 

Metodologi Webometrics mencakup beberapa indikator, dan Impact Rank adalah salah satunya. Impact Rank mengukur dampak atau pengaruh akademis suatu universitas berdasarkan ketersediaan konten akademis yang dapat diakses secara online. 

Semakin banyak dan berkualitas konten akademis yang tersedia di situs web universitas, semakin tinggi Impact Rank-nya. Ini mencerminkan kontribusi dan dampak akademis institusi di dunia maya.

“Impact Rank pada webometrics adalah indikator visibilitas website perguruan tinggi ditinjau dari sisi dampak yang ditimbulkan oleh konten websitenya,” tulis Webometrics dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (9/2/2024).

Peninjauan dampak konten web ini dilakukan dengan melihat jumlah external network (subnet) yang mengarah pada halaman website perguruan tinggi tersebut. Dalam pengertian secara awam impact rank ini bisa disebut sebagai sebuah peringkat yang menyatakan sejauhmana konten website perguruan tinggi dapat menjadi referensi bagi konten website lain di dunia maya.

Pengertian Impact Website secara umum adalah ukuran yang dapat menunjukan seberapa besar pengaruh atau dampak yang dimiliki oleh suatu website. Dampak ini bisa diukur dengan berbagai cara tergantung pada tujuan umum atau tujuan spesifik dari website tersebut. 

Advertisement

TAGS: