//Prodi S1 Pariwisata Unisa Bandung Tekankan Pentingnya Inovasi Pengajaran

Prodi S1 Pariwisata Unisa Bandung Tekankan Pentingnya Inovasi Pengajaran

Di era pendidikan yang terus berkembang, metode pengajaran yang efektif dan inovatif menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Di era pendidikan yang terus berkembang, metode pengajaran yang efektif dan inovatif menjadi kunci keberhasilan dalam memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi mahasiswa. Ketua Program Studi Sarjana Pariwisata Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Bandung, Winda Gafrilia, menyampaikan pandangannya bahwa inovasi dalam pengajaran sangat penting untuk memastikan bahwa mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan global.

Winda menjelaskan bahwa dengan pendekatan pengajaran yang inovatif, dosen dapat menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan interaktif, sehingga mahasiswa lebih termotivasi dan terlibat dalam proses belajar. 

“Dalam menghadapi era digital dan tantangan global, kita harus mampu mengadaptasi metode pengajaran kita agar tetap relevan dan efektif,” tuturnya, Kamis (4/7/2024).

Untuk mendukung hal ini, Program Studi S1 Pariwisata Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Ilmu Sosial Unisa Bandung menyelenggarakan workshop pengembangan dan implementasi Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome-Based Education (OBE) di Cikole Jaya Giri, Lembang, pada tanggal 3-4 Juli 2024. 

Workshop ini dirancang untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada dosen dan staf akademik tentang cara merancang RPS yang berkualitas dan sesuai dengan standar pendidikan yang berlaku.

“Kami berharap melalui pelatihan ini, para dosen dapat meningkatkan pemahaman tentang konsep dan prinsip-prinsip dasar dalam merancang RPS, serta mampu mengimplementasikannya dengan baik dalam proses pembelajaran,” ujar Winda.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Workshop, Pandu Sapto Desmantyo, MM.Par, menambahkan bahwa peserta workshop dipandu untuk memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip yang mendasari pembelajaran semester. “Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para dosen dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang RPS yang berkualitas,” jelasnya, Kamis (4/7/2024).

Dengan tema “Inovasi dalam Mengembangkan Kurikulum OBE Berbasis Kompetensi Melalui RPS yang Berkualitas”, workshop ini menghadirkan narasumber ahli di bidangnya, yaitu Dr Gitasiswhara.

Melalui kegiatan ini, diharapkan Unisa Bandung dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan global.

Advertisement

TAGS: