Aktual.co.id – Di tengah maraknya tempat hiburan anak, Kidzania Surabaya hadir dengan konsep yang berbeda. Tak hanya menghibur, tapi juga mendidik. Mengusung konsep edutainment, Kidzania menawarkan pengalaman unik nan seru bagi anak-anak untuk bermain, belajar bekerja dan mengelola keuangan dalam miniatur kota yang dirancang menyerupai dunia nyata.
Berlokasi di Lagoon Avenue Sungkono Mall, Kidzania Surabaya menghadirkan 45 establishment dengan 90 profesi yang dapat dipelajari oleh anak-anak. Dengan luas area 4.500 meter persegi, anak-anak usia 2-16 tahun bisa menjajal berbagai profesi seperti dokter, pilot, jurnalis, barista, pekerja pabrik mie, biscuit, penyiar TV, hingga penyanyi karaoke.
Marketing Communication Manager Kidzania Surabaya Ustika Rizky mengatakan setiap anak akan “bekerja” selama sekitar 20–25 menit di masing-masing establishment. Mereka akan mendapatkan edukasi tentang proses produksi hingga pemasaran dari produk yang mereka representasikan.
Setelah bekerja, mereka akan mendapatkan gaji dalam bentuk mata uang Kidzos. Uang tersebut bisa ditabung melalui ATM khusus atau dibelanjakan di dalam area Kidzania. Dengan sistem ini, anak-anak diperkenalkan pada dunia kerja dan konsep literasi keuangan sejak dini.
“Kalau mau dapat uang, harus kerja dulu. Konsep ini kami terapkan agar anak-anak belajar seperti mama dan papanya di dunia nyata,” kata Tika –sapaan Ustika Rizky, Sabtu (19/4/2025).
Adapun Beberapa establishment favorit di antaranya adalah Soklin, RTV (penyiaran TV), NAV Karaoke, Kapal Api, Alfamart, dan Finna. Anak-anak banyak belajar dan bekerja di establishment itu karena biasanya langsung mendapatkan produk yang mereka buat di tempat tersebut.
“Karena anak-anak diajari dari awal produksi hingga akhir, akhirnya pembelajaran itu melekat. Bahkan, banyak orang tua yang menceritakan anak-anaknya kini sudah bisa mencuci dan melipat baju sendiri usai bermain di Kidzania,” katanya.

Kini, Kidzania Surabaya menjadi primadona saat akhir pekan maupun saat libur Panjang. Pada saat libur Panjang natal dan tahun baru lalu, pengunjung di tempat tersebut tembus 1000 pengunjung, termasuk dari luar kota hingga luar negeri.
“Kapasitas total kami sebanyak 800–900 pengunjung. Kalau weekend biasanya 500-700 pengunjung. Semoga weekeng ini tembus segitu atau bahkan lebih karena Jumat juga tanggal merah,” jelasnya.
Selain itu, Tika juga menjelaskan bahwa Kidzania Surabaya juga menjadi salah satu destinasi favorit kegiatan sekolah seperti field trip. Dalam sehari, bisa ada dua hingga tiga sekolah yang datang, masing-masing membawa 100-400 siswa. “Kalau di sekolah, anak-anak hanya belajar secara visual. Di sini mereka langsung praktik, dan itu jauh lebih membekas, guru-gurunya sering bilang begitu,” ujarnya.
Harga tiket Kidzania bervariasi, mulai dari Rp 225.000 untuk anak-anak pada hari biasa dan Rp 250.000 saat akhir pekan. Orang dewasa dikenai tarif Rp 150.000, sementara balita di bawah 2 tahun masuk gratis.
Saat ini Kidzania telah hadir di 17 negara dan menjadi pionir edutainment global. Di Surabaya, konsep ini membuktikan bahwa masa depan bisa dipelajari sambil bermain—dengan serius namun tetap menyenangkan. (Raf)