Aktual.co.id – hampir semua orang pernah menghadapi orang dengan berbagai karakter seperti keras kepala, kasar serta banyak menuntut. Berkomunikasi dengan orang-orang seperti ini membuat stres dan serba salah, alih – alih memperbaiki keadaan, justu menambah konflik jika tidak mampu menghadapi orang dengan tipikal sulit dihadapi.
Tetap Tenang
Berusahalah tetap tenang dan rasional pada saat berbicara dengan orang yang keras kepala. Jangan terbawa dalam perdebatan yang tidak diinginkan. Gunakan rasional jika ingin bercakap dengan orang memiliki tipikal keras dan egois. Meskipun mereka marah atau bersikap kasar kepada, cara terbaik menanggapinya adalah tetap tenang.
Jadi Pribadi Menyenangkan
Menghadapi orang yang keras kepala perlu ketenangan serta kekuatan mental yang lebih. Salah satunya menjadi pribadi yang menyenangkan. Tampilkan sosok yang ceria, memiliki selera humor dan sedikit santai ketika berbincang dengan orang egois. Tersenyum dan sapalah jika bertemu mereka. Humor kadang-kadang bisa membantu bisa mencerahkan suasana hati mereka dengan menceritakan lelucon.
Berikan Pujian.
Orang yang egois umumnya memiliki gangguan kepribadian pada dirinya, seperti butuh pengakuan dan pujian. Nah, untuk menghadapi orang seperti ini banjiri mereka dengan pujian serta sanjungan namun tidak berlebihan. Mereka merasa lebih tenang ketika mendapat pengakuan dalam bentuk pujian karena dalam dirinya rapuh ada rasa tidak percaya diri.
Menggunakan Kalimat yang Jelas
Ketika berbicara gunakan kalimat yang jelas kepada orang yang keras kepala. Mereka kesulitan mencerna lamban atau simbul yang diberikan lawan bicaranya. Jika tidak suka sampaikan tidak suka namun dengan cara yang sopan. Apabila terjadi perselisihan bisa diberikan bukti tertulis atas pandangan Anda terhadap yang dibicarakan.
Fokus pada Pembicaraan Bukan Ekspresi Orang
Kadang orang yang memiliki sifat egois akan menampilkan wajah yang musam atau cemberut. Jangan terpengaruh dengan tampilan wajahnya yang musam. Namun tetaplah berbicara sesuai tema yang dibicarakan. Pendekatan ini bermanfaat untuk menunjukkan diri bahwa Anda sebagai pembawa solusi dalam setiap permasalahan.
Tunjukkan Sikap Jujur dan Lugas
Cobalah berkomunikasi dengan mengungkapkan pandangan dan ide-ide secara jelas tentang situasi yang terjadi, tetapi jangan minta mereka diam, membuat mereka merasa tidak didengarkan, atau bersikap kasar kepada mereka. Ajukan pertanyaan untuk memberikan kesempatan mereka dihargai pandangannya. (ndi/ berbagai sumber)