Aktual.co.id – Kecerdasan emosional adalah tentang memahami dan mengelola bukan hanya emosi kita sendiri, tetapi juga emosi orang lain.
Demikian juga ketika bercakap bersama partner atau kolega, pemiliki kecerdasan emosional ini memiliki kemampuan berkomunikasi di atas rata-rata orang yang belum memiliki ilmu kecerdasan emosional.
Bertahan dalam Keheningan
Orang yang memiliki kecerdasan emosional menurut Alex Navarro memiliki kemampuan bertahan di dalam keheningan. Dia tidak mudah terburu – buru mengatakan sesuatu kepada pasangan, melainkan bertahan jika suasana mendadak hening.
Orang seperti ini memahami pemahaman pentingnya jeda yang tepat. Dirinya tahu bahwa keheningan dapat menciptakan ruang untuk berpikir, untuk pemahaman, untuk pemrosesan informasi yang lebih mendalam.
Mampu Memahami Emosi Tak Terucapkan
Dia memiliki kemampuan membaca pesan non verbal yang disampaikan oleh lawan bicara. Maksudnya, ada seorang yang kehilangan pekerjaan, namun bercerita dengan ceria dan penuh tawa.
Bagi seorang yang memiliki kemampuan emosional mengetahui bahwa orang tersebut menyembunyikan kesedihan dalam bentuk keceriaan.
Seni Mendengarkan Secara Aktif
Orang ini berlatih mendengarkan secara aktif dengan metode mendengarkan yang melibatkan pemusatan perhatian pada pembicara, pemahaman, dan tanggapan.
Dengan mendengarkan secara aktif, orang-orang yang cerdas secara emosional membuat orang lain merasa dihargai dan dipahami sehingga dapat meningkatkan hubungan dalam percakapan.
Mengajukan Pertanyaan yang Bermakna
Orang yang memiliki kecerdasan emosional memiliki bakat untuk mengajukan pertanyaan yang bermakna karena menghindari pertanyaan dangkal sehingga yang menyelami lebih dalam.
Kemampuan mengajukan pertanyaan yang bermakna dapat mengubah obrolan sederhana menjadi diskusi mendalam, dan ini merupakan keterampilan yang digunakan oleh orang-orang dengan kecerdasan emosional secara efektif.
Mengenali Dampak Isyarat Non-Verbal
Orang yang memahami bahasa tubuh, ekspresi wajah, bahkan cara duduk atau berdiri dapat menyampaikan banyak hal tentang perasaan merupakan kemampuan komunikasi emosional.
Pemahaman tentang komunikasi non-verbal ini merupakan elemen kunci kecerdasan emosional dalam percakapan.
Pentingnya Empati
Empati adalah kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain. Orang-orang yang cerdas secara emosional unggul dalam berempati .
Orang ini tidak sekadar mendengar kata-kata yang diucapkan, juatru mampu merasakan emosi di balik kata-kata itu. Tanpa berucap, orang cerdas emosional dapat memahami kegembiraan, kesakitan, frustrasi atau kegembiraan yang dialami orang lain.
Nilai Keaslian
Orang yang memiliki kecerdasan emosional tidak bersembunyi di balik kedok atau berpura-pura menjadi orang lain karena merasa nyaman dengan emosinya sendiri.
Orang yang cerdas emosional tidak takut mengekspresikan emosionalnya karena bagian dari kejujuran dalam berkomunikasi.
Selalu berusaha untuk bersikap autentik dalam percakapan adalah cara paling ampuh untuk terhubung dengan orang lain pada tingkat yang bermakna. (ndi)